SOLOPOS.COM - Ilustrasi makan sahur. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO-Tak sedikit orang bangun mepet waktu Imsak dan makan buru-buru saat sahur tiba, padahal hal ini memiliki risiko terhadap kesehatan tubuh. Hal yang paling terpengaruh adalah sistem pencernaan.

Memang makan pada saat sahur itu penting karena memberi Anda tenaga supaya Anda tidak mudah lapar pada saat siang hari sampai waktunya berbuka puasa. Namun, makan buru-buru saat sahur rentan menyebabkan gangguan kesehatan pada perut Anda.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ada sejumlah risiko kesehatan mengintai dari kebiasaan makan buru-buru saat sahur mepet waktu Imsak. “Makan buru-buru bisa meningkatkan berat badan. Soalnya jika makanan tidak dikunyah dengan baik, efeknya bikin cepat lapar. Akhirnya makanan tidak terserap dengan baik oleh tubuh. Padahal, harusnya makanan dikunyah sekitar 32 kali,” ujar dokter Dyah Novita Anggraini dari kllikdokter.com seperti dikutip pada Jumat (15/4/2022).

“Selain itu, makan terlalu cepat juga bisa membuat perut Anda kembung karena meningkatkan produksi gas. Itu karena saat makan terlalu cepat, udara mudah masuk. Jadinya, perut Anda seperti terisi udara yang membuat tidak enak untuk beraktivitas seharian,” ujar dr. Dyah Novita.

Baca Juga: Begini Tips Supaya Tidak Mengantuk Setelah Sahur

Ya, itu bisa membuat Anda mengalami gangguan asam lambung juga. Ini karena sejumlah besar makanan yang masuk ke lambung dalam waktu cepat menyebabkan asam lambung naik ke kerongkongan. Hal ini akan menimbulkan keluhan nyeri ulu hati, dada terasa seperti terbakar, atau kram perut.

Selain risiko tersebut, makan buru-buru saat sahur mepet waktu Imsak adalah sebagai berikut seperti dikutip dari klikdokter.com:

1. Tersedak

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of the American Dietetic Association mengungkapkan bahwa orang yang makan terlalu cepat memiliki risiko tersedak. Ditakutkan, tersedak bisa membuat jalur napas Anda tertutup. Kondisi ini dapat mengancam nyawa Anda.

Baca Juga: Bolehkah Sahur Hanya dengan Minum Air Putih?

2. Diabetes

Makan terlalu cepat bisa membuat Anda cenderung tidak puas terhadap apa yang dimakan. Setelah makan selesai, Anda akan mencari makanan yang lain lagi untuk dikonsumsi. Hal ini, selain meningkatkan risiko obesitas, juga bisa memicu masalah diabetes.

3. Sariawan

Risiko berikutnya saat makan buru-buru saat sahur mepet waktu imsak adalah risiko lidah atau bibir Anda tergigit sangat besar. Bila itu terjadi, sariawan tidak bisa lagi dihindari.

Baca Juga: 5 Manfaat Minum Madu Saat Sahur

Jadi, lebih baik Anda makan sahur jangan mepet waktu imsak. Para ahli menyarankan agar satu makanan itu dihabiskan setidaknya dalam waktu 20 menit. Satu suapan harus benar-benar dikunyah sampai halus. Cobalah untuk bangun lebih awal saat hendak sahur, sehingga Anda tidak perlu makan buru-buru yang kemudian justru dapat membahayakan perut Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya