SOLOPOS.COM - Es Kopyor, minuman segar yang akan disajikan di pernikahan Kaesang-Erina (pinterest)

Solopos.com, SOLO–Persiapan pernikahan putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) masih terus berjalan.

Diketahui, pada Selasa (29/11/2022), Ibu Iriana ditemani putrinya, Kahiyang telah mencicipi beberapa menu yang direncanakan akan disajikan pada acara tersebut.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Menu tersebut terdiri atas beberapa makanan dan minuman modern juga tradisional. Di antaranya terdapat mi bebek peking, steamboat, sop iga bakar, aneka mini cake, dan aneka puding buah. Sedangkan untuk minuman, sajian es kopyor dipilih menjadi suguhan pada pernikahan Kaesang dan Erina.

Es kopyor merupakan minuman yang biasanya berbahan dasar kelapa kopyor, kemudian dicampur dengan sirup, dan juga es batu. Namun, jika kesulitan mendapatkan kelapa kopyor, kini Anda dapat menggantinya dengan agar-agar, lo.

Berikut ini Solopos.com bagikan untuk Anda resep praktis membuat es kopyor ditengok dari kanal Youtube Resep Bunda Tika, Kamis (1/12/2022).

Bahan-bahan yang perlu disiapkan adalah :

  1. Satu bungkus tepung agar-agar berwarna putih
  2. 4 Sendok makan gula pasir
  3. 1 Bungkus santan siap pakai
  4. 600 ml air
  5. ½ Sendok teh garam
  6. Sirup Cocopandan
  7. Satu balok es batu berukuran kecil

Berikut ini langkah-langkah membuat es kopyor :

  1. Pertama, masak agar-agar terlebih dahulu. Rebus 600 ml air, kemudian tuang gula pasir, tepung agar agar, garam, dan santan. Lalu aduk hingga merata, masak hingga mendidih.
  2. Siapkan balok es batu, tuang air agar-agar yang sudah matang sedikit demi sedikit ke atas es batu. Air agar-agar tersebut kemudian akan berbentuk seperti daging kelapa yang sudah dikerok. Lakukan hingga air agar-agar habis.
  3. Tambahkan sedikit air, lalu masukkan sirup cocopandan secukupnya.
  4. Tuang ke dalam gelas, kemudian sajikan.

Bagi Anda yang menyukai susu, maka anda bisa menambahkannya. Beberapa toping juga dapat digunakan untuk menambah nikmatnya sajian es kopyor seperti biji selasih dan juga nata de coco. Bagaimana? Mudah bukan? Selamat mencoba!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya