SOLOPOS.COM - Wisatawan menikmati wisata alam naik Jeep di Kemuning, Ngargoyoso, Karanganyar. (Istimewa)

Solopos.com, KARANGANYAR — Desa Kemuning di Kecamatan Ngargoyoso menjadi salah satu kawasan wisata yang paling populer di Kabupaten Karanganyar.  Kawasan Kemuning memiliki keindahan alam berupa hamparan kebun teh disertai pemandangan perbukitan dan Gunung Lawu yang ciamik.

Ada banyak objek wisata di kawasan Kemuning yang bisa Anda jelajahi di akhir pekan atau waktu senggang. Berikut ini rekomendasi tempat wisata di kawasan Kemuning versi Solopos.com:

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

1. Kebun Teh Kemuning

objek wisata kebun teh kemuning
Pengunjung berfoto di kebun teh Kemuning, Ngargoyoso, Karanganyar (Sunaryo HB/JIBI/Solopos)

Wisata kebun teh Kemuning menjadi salah satu tujuan yang layak Anda kunjungi. Terutama Anda yang ingin mencari suasana segar. Pemandangan hijau tanaman teh bak karpet luas menyejukkan mata setiap pengunjung yang datang ke Perkebunan Teh Kemuning. Sejauh mata memandang, Anda akan disuguhi hamparan kebun teh di kanan dan kiri jalan.

Ekspedisi Mudik 2024

Hawa sejuk yang diembuskan kabut dari kawasan yang berada di antara Candi Cetho dan Candi Sukuh, menjadi magnet utama para penyuka tempat dingin. Enggak perlu bingung dan mati gaya saat bertandang ke tempat ini. Ada beberapa kegiatan seru-seruan yang layak dicoba.

Baca Juga: Libur Nyepi, Pengunjung Banjiri Wisata Alam Kemuning Karanganyar 

2. Kalipucung River Tubing

Sejumlah pengunjung menjajal objek wisata tubbing di Kali Pucung, Ngargoyoso, Minggu (23/4/2017). (Istimewa/Dokumentasi Pengelola Kali Pucung)
Sejumlah pengunjung menjajal objek wisata tubbing di Kali Pucung, Ngargoyoso, Minggu (23/4/2017). (Istimewa/Dokumentasi Pengelola Kali Pucung)

Kali Pucung merupakan salah satu destinasi wisata yang paling digemari di Kemuning. Kali Pucung memiliki wahana utama yaitu river tubing.

Wahana river tubing ini bisa dikatakan sebagai arum jeram mini, di mana pengunjung menggunakan pelampung, helm, dan menaiki ban yang ditautkan satu sama lain. Pengunjung akan menyusuri sungai yang berbelok-belok dengan aliran air yang cukup deras namun tidak berbatu.

Pengurus objek wisata Kali Pucung, Enlyn Dika Estiyani, mengatakan pengunjung tidak dikenakan biaya alias gratis saat memasuki area Kali Pucung. Biaya hanya dikenakan untuk parkir dan jika wisatawan menjajal wahana seperti river tubing.

Baca Juga: Mengulik Makna Sabdo Palon Noyo Genggong, Tarian Khas Ngargoyoso

“Untuk HTM sampai saat ini masih gratis, hanya untuk wahana dan parkir saja yang bayar. Wahana utama yang paling diminati di Kali Pucung itu river tubing.” kata Enlyn saat ditemui di Kali Pucung, Dusun Jlono, Kemuning, Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Minggu (26/12/2021).

“Wahana tubing dikenakan biaya sebesar Rp 30.000/orang dan setiap deret tubing maksimal 10 orang dan nanti akan kami berikan dokumentasi per rombongan, satu dokumentasi dengan harga Rp 30.000,” ucapnya.

3. Jip Wisata Kemuning

Petualangan offroad di kebun teh Kemuning menumpang jip wisata. (Solopos.com/Chelin Indra Sushmita)
Petualangan offroad di kebun teh Kemuning menumpang jip wisata. (Solopos.com/Chelin Indra Sushmita)

Wisatawan bisa menikmati keindahan alam di Kemuning dengan menumpang jip. Salah satu trek offroad yang layak dijajal adalah di kawasan perkebunan teh Kemuning. Trip wisata jip di Kemuning menjanjikan perjalanan istimewa dengan pemandangan alam yang begitu memesona.

Ketua anggota komunitas Lawu Jip Advanture Karanganyar, Sukarno, mengatakan, jip wisata di kawasan Kemuning, sudah ada sejak 2013. Tetapi, jip wisata mulai digemari sejak 2019. Dia bersama 50 anggota Lawu Jip Advanture Karanganyar selalu siap melayani wisatawan yang ingin merasakan pengalaman wisata yang berbeda.

Selain menjelajah alam, wisatawan bisa mengunjungi berbagai objek wisata di sekitar Kemuning menumpang jip. Harga sewa satu jip berkapasitas 3-4 orang berada di kisaran Rp350.000 hingga Rp1,5 juta bergantung trip yang diinginkan. Biasanya dia dan teman-temannya mangkal di Terminal Kemuning, Air Terjun Jumog, dan Kampung Wisata Gadungan.

Baca Juga: Misteri Baru Klinting & Asal Usul Air Terjun Parang Ijo Karanganyar

“Harga sewa jip sekitar Rp350.000 untuk trip pendek. Kalau naik dari Air Terjun Jumog rutenya ke Telaga Madird-Danau-Tenggir Park-Candi Sukuh, balik lagi ke Air Terjun Jumog,” kata Sukarno saat berbincang dengan Solopos.com, Kamis (16/1/2020).

Selain itu, wisatawan juga bisa naik jip wisata dari Terminal Kemuning dengan rute kebun teh-Gunung Cilik Tea Garden-kebun karet-dan kebun buah dengan harga sewa jip trip pendek. Sementara untuk pencinta alam yang ingin merasakan keseruan bertualang di malam hari bisa menyewa jip dengan harga khusus, sekitar Rp1,5 juta.

“Ini khusus untuk wisatawan yang hobi offroad karena tripnya malam hari. Kami ajak masuk ke hutan, ngecamp juga bisa. Paginya jalan-jalan ke objek wisata,” sambung Sukarno.

4. Taman Satwa Kemuning

objek wisata taman satwa kemuning karanganyar
Koleksi burung di Taman Satwa Kemuning, Desa/Kecamatan Kemuning, Karanganyar, Sabtu (15/1/2022). (Espos/Akhmad Ludiyanto)

Taman Satwa Kemuning terhitung salah satu objek wisata baru di Kemuning. Taman Satwa Kemuning menawarkan sesuatu yang berbeda dengan obyek wisata lain.

Seperti namanya, di lokasi ini terdapat sejumlah satwa. Tapi tidak usah membayangkan di sana ada gajah atau jerapah. Sebab, Taman Satwa Kemuning ini boleh dibilang mini zoo atau kebun binatang kecil.

Meski begitu, koleksi satwa yang dimiliki objek wisata ini cukup eksotis. Jenisnya beragam mulai dari unggas, aves, mamalia, hingga reptil.

Baca Juga: Memotret Wisata Berkelanjutan di Kawasan Hutan Lindung Lawu

Beberapa di antara, burung hantu, burung kakatua, ayam hutan, burung merpati, merak biru India, musang albino, kucing bengal, rusa tutul, berbagai jenis kambing, kelinci, kobra India, iguana albino.

Hewan lainnya, kura-kura sulcata, kura-kura Brazil, yellow anaconda, phyton reticulatus albino lavender, phyton reticulatus albino karamel, kadal red tegu, dan lainnya. Ada 33 macam hewan yang tinggal di Taman Satwa Kemuning.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya