SOLOPOS.COM - Vanessa Angel dan anaknya. (Instagram/@vanessaangelofficial)

Solopos.com, SOLO-Anak akan menunjukkan reaksi “normal” setelah mengalami kecelakaan lalu lintas seperti dialami anak Vanessa Angel, Gala Sky Ardiansyah. Dalam musibah yang terjadi pada Kamis (4/11/2021) itu, orang tua Gala meninggal dunia, sementara dia selamat.

Sahabat Vanessa Angel, Samantha Bowlin, mengisahkan reaksi anak Vanessa Angel sesaat setelah mengalami kecelakaan lalu lintas yang merenggut nyawa kedua orang tuanya. Sebelum dilarikan ke rumah sakit, menurutnya, Gala Sky sempat histeris ketika hendak dibawa menaiki ambulans.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Lalu seperti apakah reaksi anak dalam jangka panjang setelah mengalami kecelakaan lalu lintas? Menurut laman State Insurance Regulatory Authority (SIRA), yang termasuk ke dalam otoritas administratif negara bagian Australia di New South Wales, reaksi setiap anak setelah kecelakaan akan berbeda.

Baca Juga: Ini Impian Vanessa Angel Sebelum Meninggal

Ekspedisi Mudik 2024

“Anak-anak sangat tangguh dan kebanyakan dari mereka pulih dengan cepat. [Tetapi] usia anak penting, dan memainkan faktor dalam bagaimana anak-anak merespons,” bunyi pernyataan SIRA seperti dikutip dari Suara.com, Jumat (5/11/2021).

Tetapi reaksi yang paling umum anak anak menunjukkan reaksi sebagai berikut setelah mengalami kecelakaan lalu lintas:

1. Kebanyakan anak-anak menunjukkan kesulitan (atau tidak sama sekali) yang berkelanjutan yang terjadi langsung setelah ketakutan awal.
2. Anak menunjukkan kesulitan yang lebih intens pada awalnya, tetapi akan pulih relatif cepat seiring berjalannya waktu.

Baca Juga: Roy Surya Analisa Video Instagram Story Sopir Vanessa Angel

Pada beberapa anak, kesulitan dapat bertahan atau memburuk selama berminggu-minggu dan berbulan-bulan setelah kecelakaan.

Sejumlah kecil anak-anak akan tampak baik-baik saja pada awalnya, tetapi kemudian menunjukkan gejala tertekan terkait dengan kecelakaan itu, kadang-kadang beberapa bulan kemudian. Bagi anak usia 0 hingga 6 tahun, setelah kecelakaan mobil anak-anak kelompok usia ini dapat mengingat kembali kejadian kecelakaan itu melalui permainan atau gambar.

Baca Juga: Kehilangan Orang Tua seperti Anak Vanessa Angel, Begini Pola Asuh Tepat

Mereka mungkin menjadi lebih rewel atau mengamuk lebih dari biasanya. Beberapa mungkin mengembangkan ketakutan baru yang tidak ada hubungannya dengan kecelakaan itu, misalnya menjadi takut gelap.

Meskipun beberapa dari reaksi tersebut tampak tidak biasa, sebenarnya kondisi itu dianggap sebagai respons normal terhadap peristiwa tidak normal.  Apabila gejala anak bertahan lebih dari sebulan, atau jika memburuk, ada baiknya mencari bantuan profesional kesehatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya