SOLOPOS.COM - Suzuki Ertiga Hybrid. (Suzuki.com)

Solopos.com, SOLO-Ada sejumlah pilihan mobil hybrid di Indonesia tahun 2022 berasal dari beberapa merek, harga termurah yaitu Rp200 jutaan. Simak ulasannya di info otomotif kali ini.

Mobil hybrid bisa menjadi batu loncatan bagi seorang konsumen untuk memasuki era elektrifikasi. Sulit disangkal bahwa industri otomotif Indonesia sudah mulai melangkah ke arah sana. Pemerintah sendiri terus mendorong pergerakannya melalui sejumlah upaya.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Salah satunya dengan menerbitkan Peraturan Menteri Perindustrian No. 36 Tahun 2021 mengenai Kendaraan Emisi Karbon Rendah.
Istilah hybrid electric vehicle (HEV) atau mobil hybrid sebenarnya hanyalah salah satu jenis teknologi elektrifikasi pada kendaraan. Mobil semacam ini menawarkan beberapa keunggulan.

Sebelum mengetahui mobil hybrid termurah di Indonesia ketahui terlebih dahulu perbedaan mild hybrid dan full hybrid. Penting dicatat bahwa mobil hybrid masih dibagi lagi ke dalam 2 kategori, yaitu mild hybrid dan full hybrid.

Baca Juga: Ini Harga All New Toyota Kijang Innova Zenix untuk Jateng dan DIY

Sebenarnya ada juga yang dinamakan Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV). Namun, mengingat tema ulasan kali ini mengandung kata “murah” maka mobil-mobil atau teknologi PHEV sengaja disingkirkan karena banderolnya masih tergolong sangat tinggi.

Belakangan ini istilah mild hybrid cukup ramai diperbincangkan seiring peluncuran Suzuki Ertiga Hybrid. Jika melihat cara kerja sistem Suzuki Smart Hybrid maka mobil tersebut masuk ke dalam kategori mild hybrid.

Cara paling mudah membedakan mild hybrid dan full hybrid adalah melihat apakah sistem elektrifikasi pada kendaraan bisa menopang laju mobil sepenuhnya. Untuk Suzuki Ertiga, sistem hybrid hanya berfungsi membantu mobil dalam berakselerasi atau situasi-situasi tertentu saja. Tidak ada mode berkendara electric only yang biasa dimiliki mobil-mobil full hybrid.

Baca Juga: Ini Maksud Nama Zenix pada Toyota Kijang Innova Terbaru

Berikut ini mobil hybrid termurah di Indonesia dikutip dari carmudi.com pada Selasa (29/11/2022) yaitu Suzuki Ertiga Hybrid yang  resmi meluncur di Indonesia pada 10 Juni 2022. Mobil ini hadir dalam 2 varian kemewahan, GX dan Suzuki Sport. Kemudian masing-masing varian tersebut tersedia dalam pilihan transmisi manual dan otomatis. Sehingga totalnya tersedia 4 varian Suzuki Ertiga Hybrid yang bisa dipilih oleh konsumen.

Walau masih mengusung sistem mild hybrid, namun kehadiran mobil ini cukup signifikan karena turut memperkenalkan teknologi elektrifikasi di segmen Low Multi Purpose Vehicle (LMPV) 7-seater.

Baca Juga: Ini Aturan Membunyikan Klakson, Enggak Boleh Sembarangan

Kehadiran Suzuki Ertiga Hybrid sebenarnya bukan kali ini saja. Sebelumnya Suzuki Ertiga juga pernah hadir dengan sistem yang cukup mirip menggunakan mesin diesel. Perbedaan pada versi terbaru ialah adanya tambahan baterai lithium untuk mendampingi Integrated Starter Generator (ISG).

Kehadiran sistem mild hybrid pada Suzuki Ertiga ditujukan untuk membuat konsumsi bahan bakarnya makin irit. Terutama untuk penggunaan kendaraan di dalam kota yang jalanannya kerap diwarnai kemacetan.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya