SOLOPOS.COM - Gubernur Jateng Ganjar Pranowo. (Instagram-Ganjar Pranowo)

Solopos.com, SEMARANG – Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) 2020 di Jawa Tengah (Jateng), Kamis (23/7/2020), berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Kali ini, peringatan digelar secara virtual atau online yang disiarkan melalui kanal YouTube.

Kendati digelar secara virtual, peringatan Hari Anak Nasional itu tak luput dari kemeriahan. Acara tetap digelar dengan menampilkan sederet pertunjukkan seni dari Forum Anak Jawa Tengah.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, hadir dalam acara yang diselenggarakan Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Jateng itu.

Alami Gangguan Jiwa, Remaja Salatiga Diikat Selama 7 Tahun

Seusai pertunjukan seni yang ditampilkan anak-anak, Ganjar pun berkesempatan menyampaikan pesan. Ia meminta para anak-anak berubah dalam menghadapi tatanan kehidupan di tengah pandemi Covid-19.

"Covid-19 mendorong kita semuanya untuk berubah. Seperti komputer dan handphone yang disetel ulang. Sekaligus menjadi penelitian yang sangat besar," ujar Ganjar.

Ia memotivasi anak-anak untuk terus bersemangat di tengah pandemi. Pendidikan yang juga terdampak tidak membuat proses belajar mengajar lesu.

Ada 34 Pasien Positif Covid-19, Kasus Colomadu Tertinggi di Karanganyar

Diceritakannya, ada beberapa daerah di Jateng yang tetap survive di saat pandemi.

 

Solusi Ganjar

"Kita harus tetap survive, eksis dan tidak menyerah. Di samping itu, kita menjaga diri dengan kedisiplinan. Ada anak di Banyumas yang harus naik bukit untuk bisa mendapatkan sinyal agar tetap bisa belajar. Di Kabupaten Rembang ada satu anak yang berangkat ke sekolah karena tidak punya gadget. Kita diminta untuk mampu menyelesaikan persoalan dan mandiri," paparnya.

Namun, Ganjar berjanji terus berupaya mencari solusi dengan menyiapkan infrastruktur yang mendukung pembangunan di masa pandemi.

Tangkal Virus Corona, Dosen Undip Ciptakan Alat Sterilisasi Udara

"Kita akan siapkan infrastruktur, dalam waktu dekat akan dikebut. Tapi tidak bisa langsung memberikan semuanya," imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya