SOLOPOS.COM - Soto Kudus (Instagram/@e_ndro)

Solopos.com, SEMARANG — Soto adalah makanan atau kuliner khas Indonesia yang ada hampir di setiap daerah. Kendati demikian, soto di masing-masing daerah itu memiliki perbedaan yang khas sesuai dengan asal daerahnya, seperti soto Semarang dengan soto Kudus.

Kota Semarang dengan Kudus memang sama-sama berada di Jawa Tengah (Jateng). Lokasi kedua daerah itu juga cukup berdekatan, hanya sekitar 55 kilometer (km).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Oleh karena letak geografis yang tidak terlalu jauh, soto atau makanan khas lain kedua daerah ini pun, Semarang dan Kudus, hampir mirip. Meski demikian, ada perbedaan yang khas di antara kuliner kedua daerah tersebut, Semarang dengan Kudus, termasuk dalam makanan soto.

Soto Semarang maupun soto Kudus biasanya disajikan dalam mangkuk kecil. Nasinya pun dicampur ke dalam soto dan disajikan bersama lauk pauk berupa perkedel, tahu dan tempe goreng, serta aneka sate seperti sate ati ampela, sate usus, sate kerang hingga sate telur puyuh.

Kendati demikian, ada perbedaan yang mendasar antara soto Semarang dan soto Kudus. Perbedaan itu terletak pada kuahnya.

Baca juga: Mulai Dikepung Warung Soto sejak 2015, Klaten Bisa Menjelma Jadi Kota Soto

Soto Semarang memiliki kuah yang bening kecokelatan, sedangkan soto Kudus biasanya memiliki kuah yang kuning agak keruh atau lebih pekat karena mengandung santan.

Selain itu, perbedaan soto Semarang dengan soto Kudus terletak pada penyajian bumbu pelengkapnya. Jika soto Kudus biasanya menggunakan taburan bawang putih goreng, soto Semarang biasanya ditaburi bawang merah.

Soto Semarang juga biasanya menggunakan bihun sebagai bahan pelengkap, sedangkan soto Kudus tidak. Selain itu, soto Kudus tidak ada yang menggunakan daging sapi karena penghormatan muslim Kudus terhadap agama Hindu yang menganggap sapi sebagai hewan yang suci. Sebagai pengggantinya, soto Kudus bisa menggunakan daging kerbau.

Baca juga: Cara Klasik Warung Soto di Semarang Pertahankan Cita Rasa 3 Generasi

Di Kota Semarang, warung soto yang paling terkenal adalah Soto Ayam Pak Man yang terletak di Jalan Pamularsih Raya Nomor 32 dan Soto Bangkong di Jalan Brigjen Katamso Nomor 1, Peterongan. Kedua warung soto ini menjadi langganan pejabat hingga artis saat berkunjung ke Semarang.

Sementara di Kudus, warung soto yang cukup terkenal adalah Soto Kerbau Pak Di di Pasar Kliwon, Jalan Cempaka, Rendang, dan Soto Kudus Bu Djatmi.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya