;

Ini Perbedaan Sirkuit Mandalika VS Sirkuit Formula E

Berikut perbedaan sirkuit Mandalika dan Sirkuit Formula E mulai dari aspal hingga panjang lintasan balapan.
SHARE
Ini Perbedaan Sirkuit Mandalika VS Sirkuit Formula E
SOLOPOS.COM - Sirkuit Formula E yang masih dalam tahap penyelesaian (Motorplus.online.com)

Solopos.com, SOLO — Sirkuit Formula E terletak di Kawasan Pantai Karnaval Ancol, Jakarta Utara bakal digunakan untuk ajang pada balapan mobil listrik Formula E Juni 2022 mendatang.

Seiring persiapan pelaksanaan balapan mobil listrik, Sirkuit Formula E pun ramai diperbincangkan. Bahkan ada yang membandingkan dengan Sirkuit Mandalika di Lombok, Nusa Tenggara Barat.

PromosiUMi Youthpreneur 2022 Bentuk Dukungan PIP Terhadap Wirausahawan Muda

Pembicaraan pun berkisar mengenai biaya pembuatan sirkuit Formula E yang jadi ajang balapan mobil listrik dan biaya pembuatan sirkuit Mandalika untuk MotoGP.

Tidak hanya itu, ada juga yang menyinggung masalah aspal di sirkui Formula E yang berbeda dengan aspal yang digunakan di sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat.

Nah, berikut mengenai perbedaan aspal yang digunakan di dua sirkuit tersebut dan panjang lintasan sirkuit seperti dikutip Solopos.com dari Motorplus.online.com, Otomotifnet.gridoto.com, Wikipedia, dan Pertama.id.

Baca juga: Tinjau Sirkuit Formula E Bareng Anies Baswedan, Jokowi: Kurang Paddock

Mengenai aspal yang digunakan, Vice Managing Director Formula E Gunung Kartiko mengatakan aspal sirkuit Formula E hampir sama dengan aspal jalan raya biasa.

“Formula E itu memang tipikalnya balapan di jalan raya, jadi treknya itu city treck, aspalnya pun seperti jalan raya sebenarnya,” katanya.

Sehingga jika dikatakan berbeda jelas berbeda, karena beda tipikal balapannya. Di mana Formula E city treck sehingga aspalnya seperti jalan raya. Sedangkan Sirkuit Mandalika aspalnya khusus.

Bahkan aspal di Sirkuit Mandalika harus diaspal ulang dari sebelum tikungan 17 sampai setelah tikungan 5 karena belum sesuai spesifikasi.

sirkuit mandalika
Para pembalap MotoGP memasuki tikungan pertama Sirkuit Mandalika, Lombok, NTB, dalam race GP Indonesia Minggu (20/3/2022). Penggunaan ride height device yang biasanya dipasang di bagian bawah motor pembalap akan dilarang pada MotoGP 2023. (Antara/Andika Wahyu)

Baca juga: Bahaya! Ini Barang Yang Tidak Boleh Disimpan di Jok Motor

Perbedaan lainnya antara sirkuit Formula E untuk mobil listrik dengan sirkuit Mandalika yang dipergunakan untuk MotoGp selain aspal adalah panjang sirkuit.

Sirkuit Formula E memiliki panjang total sekitar 2,4 km, di mana lintasan lurus total 800 meter, sisanya ada lintasan dengan tikungan. Lebar sirkuit antara 14-16 meter.

Sedangkan sirkuit Mandalika memiliki panjang lintasan sepanjang 4,31 km dengan 17 tikungan. Sirkuit memiliki kapasitas 50.000 tempat duduk di tribun dan total mencapai 195.700 orang.

 

 

 



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
Promo & Events
Berita Terkini
Indeks Berita

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago