SOLOPOS.COM - Brand Indonesia fashion show di Paris. (JIBI/Bisnis Indonesia)

Solopos.com, SOLO-Sejumlah brand Indonesia tampil di Paris Fashion Show yang diadakan Gekrafs, lalu apakah perbedaannya dengan Paris Fashion Week? Bukan hanya brand fashion, melainkan brand kuliner pun turut serta dalam acara itu.

Sebagaimana diketahui di media sosial beberapa waktu lalu ramai membahas sejumlah brand lokal yang ikut Paris Fashion Week dianggap tidak real dan bukan bagaian dari Paris Fashion Week yang resmi. Artis Nikita Mirzani juga ikut membeberkan fakta bahwa brand lokal bukan tampil di ajang fashion bergengsi dunia itu.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Menanggapi pro kontra perbedaan Paris Fashion Week vs Paris Fashion Show itu Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dalam press briefing kemarin, 7 Maret 2022 dikutip dari channel Youtube Kemenparekraf, mengatakan bahwa untuk semua produk-produk kreatif lokal yang ingin go global, Kemenparekraf akan selalu mendukung.

Baca Juga: Jadi Perbicangan Warganet, Begini Sejarah Paris Fashion Week

Ekspedisi Mudik 2024

“Produk ekonomi kreatif yang mau mendunia atau go global, kami fasilitasi. Kami memiliki tugas dan fungsi untuk membuka ruang dan peluang agar semakin banyak pemenang pascapandemi ini,” kata Sandiaga Uno seperti dikutip dari Bisnis.com pada Kamis (10/3/2022).

Sandiaga Uno juga mengatakan bahwa produk Indonesia itu diminati di pasar dunia termasuk produk fashion yang banyak diminati di Eropa, terutama di Paris Fashion Week. Dia melanjutkan, Kemenparekraf kemudian melihat bahwa banyak produk ekonomi kreatif asli Indonesia yang membuka lebih dari 20 juta lapangan kerja hadir di sana.

Sementara itu, Gerakan Ekonomi Kreatif Nasional (Gekrafs) memberikan klarifikasi soal klaim brand lokal Indonesia ikut Paris Fashion Week 2022. Ketua Bakominfo DPP Gekrafs Riefian Fajarsyah atau yang dikenal sebagai Ifan Seventeen menjelaskan mengenai brand Indonesia yang terbang ke Paris.

Baca Juga: Rizal Rama Tampil di Paris Fashion Week 2022, Warganet: Keren!

Menurutnya, brand lokal tersebut tampil pada Acara Gekrafs Paris Fashion Show, yang digelar (during/at) selama jadwal Paris Fashion Week 2022. “Nah permasalahannya kenapa banyak banget brand-brand Indonesia yang tidak berkaitan dengan fashion pun bisa berangkat ke sana? Apakah tidak melalui kurasi?” kata Ifan dalam video yang diunggah di akun Instagramnya @ifanseventeen seperti dikutip pada Kamis (10/3/2022).

Ia mengatakan bahwa tidak ada yang salah dengan acara yang digelar oleh Gekrafs. Sebabnya di sekitar jadwal Paris Fashion Week, banyak digelar acara fashion show.  “Jadi sebenarnya desainer dan juga brand yang tampil di Paris Fashion Week yang diselenggarakan oleh FHCM banyak persyaratan dan juga kurasi. Karena banyaknya para antusias dan para pecinta fashion dari seluruh penjuru dunia yang berangkat ke Paris untuk menonton, maka di sekitaran Paris Fashion Week dari Fédération de la Haute Couture et de la Mode [FHCM] itu banyak banget event-event fashion show juga,” jelasnya.

Baca Juga:  2 Brand Indonesia Ini Dapat Undangan Resmi Paris Fashion Week 2022

Sehingga pada faktanya, brand lokal Indonesia yang ikut acara Gekrafs tidak masuk ke dalam PFW 2022. “Namun memang bukan di event Paris Fashion Week dari FHCM, that’s why we name it Gekrafs Paris Fashion Show during Paris Fashion Week, dan itu sudah kita terapkan dan kita katakan dan sudah menjadi SOP kepada brand-brand dan desainer yang ikut melalui Gekrafs,” kata Ifan.

Ketua Bakominfo DPP Gekrafs itu mengatakan bahwa petugas dari brand Indonesia yang berangkat ke Paris salah dalam menyampaikan informasi mengenai keikutsertaannya dalam PFW 2022.

Acara tersebut merupakan off schedule dari Paris Fashion Week, sebab untuk on schedule hanya didedikasikan untuk local brand Paris, sementara brand di luar Paris wajib membuat pagelaran sendiri dengan standar yang berlaku di Paris Fashion Week.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya