Ini Perancang Sirkuit Formula 1 & MotoGP Top Dunia, Mandalika Termasuk?

Sosok Hermann Tilke, arsitek asal Jerman, merupakan perancang puluhan sirkuit balap Formula 1 dan MotoGP top di dunia.
Ini Perancang Sirkuit Formula 1 & MotoGP Top Dunia, Mandalika Termasuk?
SOLOPOS.COM - Hermann Tilke, arsitek Jerman yang merancang puluhan sirkuit balap Formula 1 dan MotoGp top di dunia. (Wikipedia)

Solopos.com, JAKARTA — Sampai saat ini belum diketahui pasti siapa desainer yang merancang Sirkuit Internasional Mandalika di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.  Akan jika dicari di Google, nama Hermann Tilke akan muncul, karena menjadi desainer senior yang merancang berbagai sirkuit Formula 1 dan MotoGP di berbagai negara.

PromosiPelibatan Militer dalam Proyek Food Estate Rawan Pelanggaran HAM

Dihimpun dari berbagai sumber, Hermann Tilke adalah seorang arsitek dan desainer sirkuit balap asal Jerman. Pria kelahiran 31 Desember 1954 itu telah merancang sejumlah sirkuit balap Formula 1 dan MotoGP.

Dia menempuh pendidikan teknik sipil dengan spesialisasi transportasi dan manajemen lalu lintas di Fachhochschulen Aachen. Setelah tamat sekolah, dia mendirikan Tilke Engineering pada 1984 untuk menyediakan solusi balapan motor.

Sejak 1996 hingga 2021, Hermann Tilke telah merancang puluhan sirkuit balap. Termasuk ada empat sirkuit balap di Indonesia yang dirancang oleh Hermann, yaitu; Sirkuit Internasional Lippo Village (Tangerang, Banten), Sirkuit Internasional Jakabaring (Palembang, Sumatra Selatan), Sirkuit Internasional Sentul (Bogor, Jawa Barat), serta Sirkuit Jalan Raya Jakarta (DKI Jakarta).

Baca juga: Sirkuit Mandalika Lombok: Semua yang Terbaik di Dunia Ada di Sini

Meski sudah puluhan tahun berkarya dan merancang sirkuit balap, karier Herman Tilke bukan tanpa cela. Dia sering mendapat kritikan karena desainnya yang dinilai terlalu membosankan. Dalam artikel yang diterbitkan The Daily Telegraph, mantan pembalap dan pemilik tim Jackie Stewart menyalahkan desain Hermann yang kurang sesuai untuk aksi salip-menyalip di ajang Formula 1.

Meskipun demikian, ada banyak pembalap yang memuji sirkuit rancangan Hermann Tilke. Sirkuit-sirkuit tersebut memiliki desain baru yang lebih fresh dan nyaman dipakai.

Perancang Sirkuit Mandalika

Akan tetapi tidak diketahui pasti apakah Hermann Tilke ikut berperan sebagai perancang Sirkuit Mandalika di Lombok.

Diberitakan Solopos.com sebelumnya, Dihimpun dari berbagai sumber, Minggu (3/10/2021), arsitek Sirkuit Mandalika Lombok berasal dari Inggris. Perusahaan dari Inggris, Populous ditunjuk sebagai pengembang sirkuit dengan 17 tikungan ini.

Baca juga: Gegara Korupsi, Masjid Sriwijaya Jadi Sarang Ular-Babi

“Kami percayakan kepada Populous, mereka sudah memiliki nama besar untuk membangun venue olahraga di seluruh dunia,” jelas Direktur Indonesia Tourisme Development Corporation (ITDC), Abdulbar Mansoer, Senin (25/2/2019) silam.

Populous merupakan perusahaaan yang sudah berpengalaman dan kerap menggelar acara internasional di bidang olahraga, salah satunya adalah membangun Stadion Wembley.


Berita Terkait
    Berita Lainnya
    Promo & Events
    Honda Motor Jateng
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago