SOLOPOS.COM - Ilustrasi perempuan korban kekerasan. (recovert.org)

Pada 2017, ada beragam jenis kekerasan yang dialami perempuan

Harianjogja.com, SLEMAN-Perempuan rentan mengalami ketidakstabilan mental. Akibat peran-peran sosial, politik, dan ekonomi sangat memungkinkan mereka memiliki banyak beban dan mengalami kekerasan yang membuat kondisi psikologis semakin tertekan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Hal ini diungkapkan dosen Ilmu Komunikasi Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) Dhyah Ayu Retno Widyastuti. “Ketidakadilan peran laki-laki dan perempuan dalam masyarakat membuat perempuan banyak mengalami beban ganda dan kekerasan,” katanya melalui rilis yang diterima Harian Jogja, Senin (6/11/2017).

Berdasarkan Catatan Tahunan (CATAHU) Komnas Perempuan pada 2017, ada beragam jenis kekerasan yang dialami perempuan. Di antaranya adalah kekerasan fisik 4.281 kasus, kekerasan seksual 3.495, psikis 1.451 kasus, dan ekonomi 978 kasus.

“Berbagai jenis kekerasan itu adalah sumber kerentanan pada kesehatan perempuan baik fisik maupun mental,” kata dia dalam Talkshow Perempuan dan Kesehatan Jiwa yang diselenggarakan Srikandi Lintas Iman bersama Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UAJY.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya