SOLOPOS.COM - Ilustrasi menggunakan smartphone (Sparkyhub.com)

Solopos.com, JAKARTA — Smartphone baru yang beredar di pasaran saat ini menawarkan memori internal cukup besar. Tentu tujuannya agar pemakaian smartphone tidak bermasalah.

Hal ini mengingat penyimpanan memori internal merupakan bagian terpenting bagi ponsel pintar. Jika memori internal penuh, tentu ini akan menghambat pemanfaatan gawai tersebut.

Promosi Mendamba Ketenangan, Lansia di Indonesia Justru Paling Rentan Tak Bahagia

Dikutip dari Bisnis yang melansir Forbes pada Jumat (20/10/2022), Apabila memori internal smartphone penuh selain menghambat, Anda juga tidak dapat menambahkan aplikasi baru.

Agar hal ini tidak terjadi pada smartphone Anda, ada baiknya mengenali penyebab kenapa memori internal cepat penuh.

Ekspedisi Mudik 2024

1. Sistem Operasi

Sistem operasi lebih besar dari kemampuan smartphone Anda menyebabkan memori internal cepat penuh. Jika memaksakan mengunduh sistem operasi membuat memori internal penuh.

Baca juga: Mau Beli HP Xiaomi, Ini Daftar Harga Terbaru Mei 2022

2. File Pada Aplikasi Pesan

Aplikasi pesan memakan memori internal lebih tinggi dibandingkan aplikasi lainnya. Karena ada file foto dan video yang akan otomatis masuk ke dalam memori internal Anda.

Terlebih jika Anda orang yang mempunya sentimen terhadap pesan dan file-file Anda yang membuat hal itu disimpan selama beberapa tahun

Hal ini bisa diatasi dengan menghapus beberapa file yang tidak penting pada aplikasi pengirim pesan yang terletak di folder aplikasi tersebut.

3. File Besar Tersembunyi

Banyak sekali file yang tidak penting untuk Anda malah tersimpan di memori internal, yang menjadi pantangannya adalah ketika file tersebut tersebar di folder yang berbeda dan bahkan ada yang tersembunyi.

4. File Foto

Foto memang memiliki ukuran yang ringan bahkan terbilang kecil bagi smartphone Anda, akan tetapi jika sampai menyimpan ribuan foto maka akan menghabiskan memori internal Anda.

Dianjurkan file foto ini Anda simpan ke dalam laptop atau hardisk untuk membuat memori internal Anda digunakan file atau aplikasi penting lainnya.

Baca juga: Ini Dia Jadwal Terbaru KRL Solo – Jogja 2022

5. Aplikasi

Aplikasi penyebab terbesar dari memori internal yang cepat penuh, biasanya aplikasi yang memiliki ukuran besar adalah aplikasi game, editing dan pengirim pesan.

6. Pembaruan Aplikasi Mengambil Penyimpanan

Ada kala nya suatu aplikasi akan menginstal pembaruan secara otomatis saat versi baru tersedia. Pembaruan ini terkadang tanpa pemberitahuan apapun.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul: Ini 6 Alasan Memori Internal Smartphone Cepat Penuh

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya