SOLOPOS.COM - Ilustrasi. Lampu sein sepeda motor. (Otomotifo.com)

Solopos.com, SOLO — Salah satu elemen penting dalam mendukung keselamatan berkendara adalah pencahayaan di sepeda motor di samping sistem pengereman. Dalam sistem pencahayaan ada lampu sein sebagai tanda belik kiri atau kanan dengan cara berkedip.

Jadi cek lampu sein sepeda motor kamu apakah berkedip, mati atau malah menyala terus. Karena jika tidak berfungsi, ketika hendak berbelok kendaraan di belakang tidak tahu. Ini tentu membayakan si pengendara dan juga kendaraan lain.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sudah banyak kasus kecelakaan yang disebabkan lampu sein, jadi jika rusak segera diperbaiki, tentu harus diketahui penyebabnya. Berikut beberapa penyebab lampu sein tidak mau berkedip dikutip dari Otomotifo.com.

Baca juga: Honda ADV 150 Matik Bergaya Adventur, Ini Harga Bekasnya

Ekspedisi Mudik 2024

1. Flasher Sein Rusak

Untuk mengatur arus listrik pada lampu sein dibutuhkan alat bernama flasher. Terkadang alat tersebut mengalami kerusakan sehingga membuat lampu sein tidak berkedip atau bahkan mati. Jika rusak, Anda cukup menggantinya, tapi cek dulu rangkaiannya ya, sudah benar atau belum.

2. Tegangan Aki Tidak Maksimal

Semua komponen listrik pada kendaraan, termasuk lampu sein tergantung pada aki yang merupakan sumber daya listrik pada sepeda motor. Jika kondisi aki sudah tidak bagus akan mengalami penurunan tegangan.
Aki motor seharusnya memiliki voltase di atas 12 Volt. jika kurang Anda bisa menyetrum aki atau menggantinya dengan yang baru.

3. Bohlam Lampu Sein Rusak

Ada dua jenis lampu sein. Yang pertama adalah lampu LED, dan yang kedua bohlam biasa. Meskipun jenisnya berbeda, namun keduanya sama-sama bisa mengalami kerusakan. Jika bohlam sudah rusak maka mau tidak mau harus diganti.

Baca juga: Ban Motor Terasa Oleng? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

4. Kabel Putus

Untuk menghubungkan bahlam lampu sein dengan sistem kelistrikan motor harus menggunakan kabel. Nah apabila kabel putus otomatis lampu sein tidak mau berkedip. Jadi cek rangkaian kabelnya apakah ada yang putus, jika ada sambung ulang. Namun jika rusak parah lebih baik diganti.

5. Saklar Rusak

Untuk menghidupkan lampu sein adalah dengan menggeser saklar ke kiri atau ke kanan. Saklar tersebut bisa mengalami kerusakan sehingga membuat lampu sein tidak bekerja. Penyebab kerusakan bisa karena kabel putus atau kotoran sehingga saklar tidak berfungsi dengan baik.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya