Tutup
Scroll untuk melanjutkan membaca

Ini Penjelasan Penyebab Langit Merah di Malam Hari

Berikut ini penjelasan penyebab langit merah di malam hari.
SHARE
Ini Penjelasan Penyebab Langit Merah di Malam Hari
SOLOPOS.COM - Ilustrasi langit merah malam hari. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO-Pada 7 Mei 2022 lalu terjadi fenomena langit merah di malam hari di sebuah provinsi di negara China, lalu apakah penyebab fenomena alam tersebut?  Waktu itu Penduduk di Zhoushan digemparkan dengan satu fenomena aneh ketika langit di kawasan tersebut berubah menjadi warna merah seperti darah.

Namun warna tersebut tidak menyebar merata di seluruh langit di atas Zhoushan. Hanya sebagian kecil langit di atas Zhoushan yang berubah warna. Ada pendapat menyatakan hal itu terjadi karena aktivitas Matahari. Dugaan ini dibuat berdasarkan kajian yang diterbitkan di Jepang pada 2017 yang mencatat fenomena serupa pernah berlaku di negara Matahari Terbit itu pada 1770.

PromosiPromo Menarik, Nginep di Loa Living Solo Baru Bisa Nonton Netflix Sepuasmu!

Dalam kajian tersebut, fenomena yang berlaku ketika itu berasal daripada aktivitas Matahari dalam skala besar. Namun dugaan tersebut dibantah pemerintah setempat tidak lama kemudian. Menurut mereka, fenomena tersebut terjadi akibat adanya pembiasan cahaya.

Kuis Solopos - Seru-seruan Asah Otak

Baca Juga: Gerhana Matahari Hibrida Terjadi Beberapa Kali dalam Seabad

Lalu apakah penyebab langit merah  di malam hari? Mengutip laman nypost.com pada Rabu (30/11/2022), metode langit merah tidak ada hubungannya dengan awan merah itu sendiri.

Fenomena ini adalah cara menggunakan matahari untuk membuat sinar-X atmosfer di atas cakrawala, dan kemudian menggunakan awan di atas Anda sebagai layar untuk memproyeksikan hasilnya sehingga terciptalah warna merah.  Di zona sedang, sistem cuaca umumnya bergerak dari barat ke timur. Mereka tidak bergerak terlalu cepat sehingga sistem badai ribuan mil ke barat Anda tidak akan mencapai Anda selama satu atau dua hari. Karena lengkungan Bumi dan kabut atmosfer, Anda tidak dapat melihat awan di sebelah barat; jika bisa, prakiraan cuaca akan jauh lebih mudah.

Baca Juga: Planet Mars Bisa Terlihat Jelas dari Bumi 8 Desember

Fenomena alam berupa langit merah di malam hari terjadi lantaran Matahari. Panjang gelombang merah melewati udara lebih mudah daripada yang biru. Saat matahari terbenam di barat, cahayanya melewati ratusan mil atmosfer — menjadi sangat merah dalam prosesnya — sebelum mengenai awan di atas Anda. Panjang gelombang biru yang lebih pendek memantul dari udara dan pergi ke arah lain. Inilah mengapa langit berwarna biru – memantulkan cahaya biru. Awan putih memantulkan semua warna, jadi ketika cahaya merah menyinari mereka, mereka juga terlihat merah.

Baca Juga: Arti Mimpi Melihat Gerhana Bulan, Pertanda Harus Waspada

Jika ada awan badai di barat Anda, sinar matahari merah berhenti sebelum mencapai Anda, dan matahari terbenam tidak terlihat terlalu merah. Di sisi lain, jika ada udara bersih untuk ratusan mil di sebelah timur Anda, sinar matahari melewatinya hingga mencapai langit di atas Anda, mengubahnya menjadi merah. Jika ada awan di atas kepala, lampu merah menyinari mereka, menciptakan matahari terbit yang spektakuler.

 



Info Digital Tekno
Indeks
Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Info Perbankan
Indeks
Interaktif Solopos
Berita Lainnya
Indeks Berita
      Promo & Events
      Kuis Solopos - Seru-seruan Asah Otak
      Emagz Solopos
      Berita Terkini
      Indeks Berita
      Interaktif Solopos
      Kuis Solopos - Seru-seruan Asah Otak
      Solopos Stories
      Part of Solopos.com
      ISSN BRIN
      Punya akun? Silahkan login
      Daftar sekarang...
      Support - FaQ
      Privacy Policy
      Tentang Kami
      Kontak Kami
      Night Mode