SOLOPOS.COM - Kepala KUA Banjarsari Solo

Solopos.com, SOLO–Kepala KUA Kecamatan Banjarsari, M. Arbain Basyar, bakal bertugas menjadi penghulu dalam pernikahan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman dan adik Presiden Joko Widodo (Jokowi) Idayati di Solo, Kamis (26/5/2022).

Bertugas menjadi penghulu dalam pernikahan keluarga presiden itu bakal menjadi pengalaman kedua bagi Arbain untuk menikahkan keluarga Presiden.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Arbain menjelaskan akan bertugas menjadi penghulu pada akad nikah Anwar Usman dan Idayati di Graha Saba Buana, Solo. “Insyaallah, insyaallah, insyaallah,” kata dia sambil tersenyum di kantornya, Rabu (11/5/2022).

Dia mengatakan tidak ada persiapan khusus untuk menjalankan tugasnya. Kepala KUA Banjarsari itu mengaku sudah biasa melaksanakan tugas dalam acara pernikahan.

Arbain mengatakan pernah bertugas sebagai penghulu untuk akad nikah keluarga Presiden, yakni pernikahan salah satu keponakan Jokowi, Bagaskara Ikhlasullah Arif di Graha Saba Buana, Sabtu (12/3/2022).

Baca Juga: Adik Jokowi & Ketua MK Anwar Usman Akan Menikah di Graha Saba Solo

“Itu kan kemarin beliau Pak Presiden jadi saksinya. Jadi semua protokoler RI 1, hampir sama,” ungkapnya.

Adapun Arbain bertugas menjadi Kepala KUA Banjarsari mulai Selasa (4/1/2022). Dia dimutasi dari tugas sebelumnya sebagai Kepala KUA Jebres.

Salah satu program/inovasi KUA Jebres di bawah kepemimpinan Arbain ketika pandemi Covid-19 berupa layanan jodoh Jadilah Aku Halalmu yang diadopsi menjadi layanan publik untuk Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Solo sejak pertengahan 2021.

Dia menjelaskan program itu membantu/menjembatani warga yang tidak memiliki pasangan hidup alias jomlo supaya mendapatkan jodoh.

Baca Juga: Adik Jokowi & Ketua MK Anwar Usman Resmi Daftar Nikah di KUA Banjarsari

Sejumlah orang sulit bertemu/menjalin relasi sosial dengan tatap muka selama pandemi Covid-19. Sementara sejumlah orang kesulitan mencari jodoh dalam era teknologi informasi.

Kepala Kantor Kemenag Solo Hidayat Maskur mencatat jumlah pendaftaran Jadikan Aku Halalmu pada tahap pertama 543 orang dan yang lolos verifikasi 398 orang. Jumlahnya meningkat menjadi 555 dengan 553 orang lolos verifikasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya