SOLOPOS.COM - Ilustrasi tentara di medan perang. (Freepik.com)

Solopos.com, JAKARTA — Situasi di Ukraina yang sudah bereskalasi dengan penggunaan senjata terjadi karena ada dua narasi yang berbeda antara Rusia dan Ukraina.

Guru besar hukum internasional Universitas Indonesia Hikmahanto Juwana menceritakan dua narasi tersebut, Kamis (24/2/2022).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Dalam perspektif Rusia, operasi militer yang dilancarkan adalah dalam rangka kerja sama pertahanan antara Rusia dengan dua Republik yang baru saja mendapatkan pengakuan dari Rusia atas kemerdekaannya dari Ukraina yaitu Republik Rakyat Donetsk dan Republik Rakyat Luhansk,” ujar Hikmahanto Juwana dalam keterangan tertulis yang dikutip Solopos.com dari Antara.

Baca Juga: Putin Serukan Rusia Serang Ukraina, Tagar Perang Dunia Ketiga Trending

Ia mengatakan Presiden Putin mendalilkan operasi militer tersebut berdasarkan Pasal 51 Piagam PBB yang memberi hak negara untuk membela dirinya baik secara individual maupun kolektif melalui pakta pertahanan.

“Bagi Rusia dua republik yang diakui tersebut sedang mendapat serangan dari militer Ukraina,” kata Rektor Universitas Jenderal A. Yani itu.

Sementara narasi dari pihak Ukraina, lanjut dia, Rusia dengan pengakuan terhadap dua republik yang selama ini dianggap sebagai gerakan separatis telah mengganggu integritas wilayah Ukraina.

Tentu Ukraina tidak ingin tinggal diam terhadap pelaku separatis dan karena itu melakukan tindakan terhadap para pemberontak.

Baca Juga: Presiden Putin: Rusia Serang Ukraina untuk Lindungi Warga Sipil

Presiden Ukraina pun menyatakan bila Rusia terlibat dalam perang dalam skala besar maka tidak ada pilihan bagi Ukraina untuk membalasnya berdasarkan Pasal 51 Piagam PBB.

Dalam konteks demikian hukum internasional hanya digunakan sebagai legitimasi baik Rusia maupun Ukraina untuk menggunakan kekerasan.

“Ukraina paham bila militer mereka berhadapan dengan Rusia maka akan sulit untuk memukul mundur Rusia. Di sinilah dalam beberapa pekan belakangan Ukraina berkeinginan untuk bergabung dengan NATO. Bila ada di dalam NATO maka serangan terhadap satu anggota NATO berarti serangan terhadap semua anggota NATO,” kata Hikmahanto.

Baca Juga: AS Jatuhkan Sanksi Pertama untuk Rusia Atas Tindakannya di Ukraina

Tidak heran bila Presiden Putin mengancam akan menyerang Ukraina bila negara itu bergabung ke NATO.

“Untuk dipahami saat ini Presiden Ukraina tidak sama dengan Presiden Ukraina sebelumnya yang sangat pro terhadap Rusia. Hal ini yang membuat Presiden Putin tidak nyaman,” kata dia.

Saat ini serangan Rusia terhadap sebagian wilayah Ukraina telah dilancarkan dan Ukraina pun sudah melakukan serangan balik.

Mayoritas negara Eropa Barat dan Amerika Serikat berada di pihak Ukraina dan karenanya mengutuk apa yang dilakukan oleh Presiden Putin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya