SOLOPOS.COM - Ahli gizi dari Rumah Sakit (RS) JIH Solo, Atika Cahya Ramadhani, dalam acara Health Talk RS JIH Solo yang disiarkan di YouTube RS JIH Solo, Rabu (13/4/2022). (Youtube JIH Solo)

Solopos.com, SOLO – Saat menjalankan ibadah puasa, orang akan menahan untuk tidak makan dan minum selama waktu puasa. Lalu bagaimana agar asupan dalam tubuh tidak terganggu?

Belum lama ini ahli gizi dari Rumah Sakit (RS) JIH Solo, Atika Cahya Ramadhani, membahas mengenai rekomendasi menu yang baik dikonsumsi saat buka puasa atau sahur dalam Health Talk RS JIH Solo yang disiarkan di YouTube RS JIH Solo, Rabu (13/4/2022).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Menurutnya, pada umumnya menu makan dan minum tersebut sama seperti pola makan sehari-hari.

Baca Juga: Tips Puasa Nyaman untuk Penderita sakit Mag

Hanya, yang perlu diperhatikan adalah adanya gizi seimbang dalam setiap menu buka puasa dan sahur.

Hal itu untuk memastikan, meski menjalani puasa, ketercukupan asupan dalam tubuh tetap terpenuhi.

“Dari Kemenkes sudah dijelaskan yang namanya Isi Piringku. Isi Piringku terdiri dari 2/3 dari makan pokok. Makan pokok terdiri dari karbohidrat. Karbohidrat bisa didapatkan dari nasi, ubi, singkong dan sebagainya. Selanjutnya 2/3 lagi ada sayuran,” kata dia.

Atika menjelaskan pentingnya mengonsumsi sayur saat bulan puasa. Menurutnya, sayur mengandung serat yang tinggi.

Baca Juga: Begini Tips Puasa Sehat bagi Penderita Diabetes

Sementara serat memiliki sejumlah manfaat bagi tubuh manusia. Serat menjadikan kenyang lebih lama serta mencegah sembelit. “Jadi selama puasa, sangat dianjurkan mengonsumsi serat yang tinggi,” kata dia.

Isi Piringku lainnya adalah lauk-pauk, yang terdiri dari protein nabati dan hewani. Fungsi protein dapat digunakan untuk cadangan energi. Dia juga mengatakan saat puasa, perlu konsumsi lemak.

“Kenapa dianjurkan konsumsi lemak? Sebab kalau sesuai porsinya lemak itu juga memberikan energi cadangan. Lemak juga bermanfaat saat puasa, mengurangi rasa nafsu makan,” kata dia.

Baca Juga: Tips Puasa Agar Tak Cepat Lapar, Haus, & Lemas

Namun untuk konsumsi lemak tersebut, dia menegaskan harus dengan porsi yang sesuai. Isi Piringku lainnya ada buah-buahan. Sama halnya sayur-sayuran, buah juga mengandung serat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya