Ini Menu Sahur yang Sehat, Agar Tubuh Tidak Lemas Saat Berpuasa
Solopos.com|lifestyle

Ini Menu Sahur yang Sehat, Agar Tubuh Tidak Lemas Saat Berpuasa

Agar tubuh tidak lemas saat menjalankan puasa, pilihlah menu sahur sehat.

Solopos.com, SOLO–Agar tubuh tidak lemas saat menjalankan ibadah puasa, sebaiknya ketahui tsejumlah menu sahur yang sehat. Sebab jika salah pilih, bisa-bisa tubuh malah terasa lemas dan tak bertenaga.

Lalu menu sahur yang sehat Simak ulasan selengkapnya di tips kesehatan kali ini. Dokter spesialis gizi klinik RSUI, Wahyu Ika Wardhani memberikan tips untuk Anda agar tetap sehat selama Ramadan di masa pandemi COVID-19 ini melalui pemilihan menu makanan yang tepat pada saat berbuka dan sahur. “Untuk makanan sahur, disarankan untuk sumber karbohidrat utamakan dari yang berjenis karbohidrat kompleks seperti nasi beras merah atau roti gandum, perbanyak konsumsi sayur dan buah untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan serat,” ujar dia dikutip dari Antara pada Senin (12/4/2021).

Ika yang lulusan dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia itu juga merekomendasikan Anda mengonsumsi lauk pauk kaya protein seperti ayam, ikan atau telur saat sahur. Sementara untuk makanan berbuka, dia menyarankan Anda menghindari makan yang terlalu berlebihan dan sebaliknya, nikmatilah makanan secara perlahan. Terkait jenis makanan, sebaiknya hindari gorengan serta batasi gula sederhana.

Baca Juga: Siapa Saja Yang Bisa Alami Reinfeksi Covid-19 Seperti Maia Estianty?

Selain itu, jagalah agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik melalui asupan air putih minimal delapan gelas sehari yang dibagi menjadi dua gelas saat berbuka, empat gelas di malam hari dan dua gelas saat sahur. Ika juga mengingatkan Anda mengonsumsi makanan sesuai kebutuhan tubuh. Apabila berlebihan, maka berat badan bisa naik berlebih dan menyebabkan penyakit metabolik. Sementara apabila asupan kurang, dapat menyebabkan kurang gizi, sehingga daya tahan tubuh menurun dan mudah terinfeksi penyakit.

“Kebutuhan makanan tiap orang berbeda-beda, tergantung dari usia, jenis kelamin, tinggi badan, aktivitas fisik, kondisi kesehatan, dan lain-lain,” kata Ika.

Berikut ini jenis menu sahur sehat yang baik dikonsumsi, agar tubuh tak lemas dan lesu saat beraktivitas seharian sebagaimana melansir detikcom, belum lama ini:

1. Air Lemon

Masukkan air lemon dalam daftar menu sahur Anda. Menurut pakar food combining Erikar Lebang dalam bukunya Food Combining di Bulan Ramadhan, meminum segelas air hangat yang diberi sedikit perasan jeruk lemon atau jeruk nipis saat sahur baik untuk tubuh. Gunanya sebagai tonik untuk liver yang telah bekerja semalaman sebagai katalisator serap saat tidur.

2. Buah

Menu sahur sehat berikutnya adalah buah. Buah kaya vitamin dan mineral dan memiliki efek ‘listrik’ yang berfungsi mengubah cadangan makanan sebagai sumber energi serta membantu meningkatkan metabolisme tubuh. Disarankan untuk mengonsumsi tiga porsi buah seperti melon, jeruk atau pir sedikitnya 15 menit sebelum makan nasi.

Baca Juga: Berolahraga Saat Puasa Bikin Tubuh Terasa Lemas? Simak Ulasannya

3. Karbohidrat Kompleks

Karbohidrat kompleks energi levelnya stabil dan meningkatkan gula darah secara perlahan sehingga tubuh tidak kaget atau shock. Peningkatan gula darah yang perlahan, penurunannya juga perlahan sehingga tubuh tidak mudah lemas. Karbohidrat kompleks juga lebih lama dicerna tubuh sehingga membuat perut terasa kenyang lebih lama. Jenis karbohidrat ini bisa didapat dari nasi merah, sayuran dan umbi-umbian.

Baca Juga: 6 Olahraga Ini Bisa Dilakukan Saat Puasa

4. Pilih Air Putih Ketimbang Teh Manis

PIlihlah air putih untuk menu sahur sehat Anda. Menyeruput teh manis hangat saat santap sahur memang nikmat. Kombinasi teh dan gula juga cepat memberi tambahan energi. Namun energi yang dihasilkan dari gula pasir juga akan hilang dengan cepat. Tubuh pun akan terasa lebih lemas. Saat sahur, lebih sehat meminum air putih untuk menyediakan cadangan cairan selama berpuasa. Hindari kopi dan teh terlalu banyak karena bisa menyebabkan dehidrasi.

5. Suplemen Makanan

Menu sahur berikutnya adalah suplemen makanan. Jika Anda akan beraktivitas lebih banyak dan intens dari biasanya, disarankan untuk mengonsumsi suplemen makanan sebagai tambahan energi. Pilih suplemen yang lengkap kandungan vitamin, mineral dan omega-3 agar energi tetap terjaga hingga menjelang buka puasa.




Berita Terkait
Indeks Berita
Promo & Events
Terpopuler

Espos Premium
Berita Terkini
Indeks

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago