Ini Menu Berbuka Puasa yang Sehat untuk Tubuh
Solopos.com|lifestyle

Ini Menu Berbuka Puasa yang Sehat untuk Tubuh

Penuhi kebutuhan nutrisi dan cairan tubuh yang hilang dengan menu berbuka puasa yang sehat.

Solopos.com, JAKARTA--Mumpung waktu berbuka puasa masih jauh, tak ada salahnya mulai dipersiapkan sedari sekarang menu yang sehat untuk tubuh. Simak ulasannya di tips kesehatan kali ini.

Asal tahu saja nih berpuasa jelas berpengaruh terhadap tubuh karena itu penting sekali mengganti cairan tubuh dan nutrisi yanghilang ini dengan menu berbuka puasa yang sehat. Selama jam-jam puasa ketika tidak ada makanan atau minuman yang dikonsumsi, tubuh menggunakan simpanan karbohidrat (disimpan di hati dan otot) dan lemak untuk menyediakan energi setelah semua kalori dari makanan yang dikonsumsi pada malam hari habis. Tubuh tidak dapat menyimpan air sehingga ginjal menghemat air sebanyak mungkin dengan mengurangi jumlah yang hilang dalam urin.

Jika Anda tidak menggantinya dengan menu berbuka puasa yang sehat niscaya tubuh bakal kekurangan banyak cairan tubuh.

Baca Juga: Kepribadian Orang Bisa Dilihat dari Cara Membawa Tas Loh

Berikut ini menu berbuka puasa yang sehat sebagaimana mengutip laman Bisnis.com, Selasa (13/4/2021):

1. Air putih

Ketika kali pertama berbuka puasa, minumlah banyak air putih. Air putih merupakan salah satu menu berbuka puasa yang sehat lantaran bisa mengganti asupan cairan tubuh yang hilang.

2. Minuman

Air, susu, jus buah atau smoothie - air memberikan hidrasi tanpa tambahan kalori atau gula tambahan. Minuman berbahan dasar susu dan buah-buahan memberikan beberapa gula dan nutrisi alami - ini juga baik untuk berbuka puasa tetapi hindari minum banyak minuman dengan tambahan gula setelah berbuka karena dapat memberikan terlalu banyak gula dan kalori.

Baca Juga: Ini Usia Ideal Anak Belajar Puasa, Simak Ulasannya

3. Kurma

Menu berbuka puasa yang sehat berikutnya adalah kurma. Secara tradisional dimakan untuk berbuka puasa sejak zaman Nabi Muhammad, kurma adalah cara yang bagus untuk berbuka puasa karena kurma menyediakan gula alami untuk energi, memberikan mineral seperti kalium, tembaga dan mangan serta merupakan sumber serat. Anda juga bisa mencoba buah-buahan kering lainnya seperti aprikot, buah ara, kismis atau plum, yang juga menyediakan serat dan nutrisi.

4. Buah

Masukkan buah dalam menu berbuka sehat. Buah adalah cara tradisional untuk berbuka puasa dalam budaya Asia Selatan, buah menyediakan gula alami untuk energi, cairan dan beberapa vitamin dan mineral.

5. Sup

Makanan tradisional di banyak negara Arab ini adalah cara ringan untuk berbuka puasa yang sehat dan memberikan cairan. Sup tradisional dibuat dengan kaldu daging dan sering kali mengandung kacang-kacangan, seperti lentil dan kacang-kacangan, dan makanan bertepung seperti pasta atau biji-bijian, yang menyediakan nutrisi dan energi. Setelah berbuka puasa Makanan bervariasi antara budaya dan tradisi yang berbeda tetapi cobalah untuk memastikan makanan yang Anda makan memberikan keseimbangan antara makanan bertepung, termasuk biji-bijian di mana Anda bisa, buah dan sayuran, makanan olahan susu dan makanan kaya protein seperti daging, ikan, telur dan kacang-kacangan, seperti yang ditunjukkan oleh Eatwell Guide.

 

 

 




Berita Terkait
Indeks Berita
Promo & Events
Terpopuler

Espos Premium
Berita Terkini
Indeks

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago