SOLOPOS.COM - Warga menyantap hidangan buka puasa di serambi Masjid Agung Solo, Minggu (3/4/2022). (Solopos/Siti Nur Azizah)

Solopos.com, SOLO — Sejumlah masjid di Kota Solo menyediakan menu takjil dan buka puasa bersama bagi jemaahnya pada Ramadan 2022 ini.

Kegiatan buka puasa bersama di masjid tersebut umumnya dengan kuliah tujuh menit (kultum). Kemudian salat Magrib berjamaah setelah membatalkan puasa dan makan bersama.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Berikut beberapa masjid di Kota Solo yang menyediakan menu buka puasa bersama maupun takjil selama Ramadan 2022 berdasarkan informasi yang dihimpun Solopos.com:

Baca Juga: 2 Tahun Vakum, Masjid Agung Solo Kembali Gelar Buka Puasa Bersama

1. Masjid Agung Solo

Kegiatan buka puasa bersama di serambi Masjid Agung Keraton Solo kembali diadakan pada Ramadan tahun ini setelah dua tahun sebelumnya vakum karena pandemi Covid-19.

Sebanyak 200 porsi hidangan berbuka puasa disediakan secara gratis oleh takmir masjid setempat setiap harinya. Acara dimulai pukul 17.00 WIB dengan kultum sampai menjelang waktu Magrib.

“Materi kultum ada aqidah, tasawuf, fiqih, dan sebagainya,” ucap Sekretaris Takmir Masjid Agung Solo, Abdul Basid Rochmad, kepada Solopos.com, belum lama ini.

Baca Juga: Masjid Al Wustho Mangkunegaran Solo Siapkan 125 Porsi Menu Buka Bersama

Kegiatan buka bersama biasanya diikuti oleh para pelaku perjalanan atau musafir yang kebetulan tengah berada di Solo dan warga sekitar Masjid Agung Solo.

Laman resmi Pemkot Solo, surakarta.go.id, mengungkapkan ada satu hal unik saat berbuka puasa bersama di Masjid Agung Solo. Keunikan dimaksud yakni adanya bunyi sirene yang menandai waktu berbuka puasa.

Sirene tersebut memiliki bunyi yang cukup khas dan terdengar sangat nyaring. Sirene ini berbunyi sebelum azan Magrib dikumandangkan.

Baca Juga: Hari Pertama Buka Puasa Bersama Di Masjid Agung Solo, Begini Suasananya

2. Masjid Al Wustho

Seperti halnya Masjid Agung Solo, Masjid Al Wustho yang berada dekat dengan Pura Mangkunegaran Solo juga menyediakan menu berbuka puasa bagi jemaah selama Ramadan 2022. Salah satu masjid bersejarah yang dibangun pada 1878 itu menyediakan 125 porsi hidangan berbuka puasa setiap harinya.

masjid al wustho solo
Masjid Al Wustho Mangkunegaran Solo tampak depan, Senin (28/3/2022). (Solopos/Siti Nur Azizah)

Normalnya, takmir dan pengurus masjid di wilayah Ketelan, Banjarsari, Solo, itu menyediakan 150 porsi makanan untuk buka puasa. Namun karena pandemi Covid-19, jumlah itu dikurangi menjadi 125 porsi saja.

Sekretaris Masjid Al Wustho Mangkunegaran Solo, Purwanto, mengatakan sebagian besar jemaah yang berbuka puasa di Masjid Al Wustho Mangkunegaran Solo adalah musafir.

Baca Juga: Inilah Masjid di Kota Solo Yang Paling Dekat Dengan Musafir

“Kebanyakan dari mereka [berbuka bersama] adalah musafir dari luar kampung. Bahkan dari luar kota,” ucapnya saat ditemui Solopos.com, Senin (28/3/2022).

Seperti halnya di Masjid Agung Solo, kegiatan buka puasa bersama di Masjid Al Wustho juga didahului dengan pengajian atau kultum.

3. Masjid Al-Musyafir Tirtonadi Solo

Masjid berikutnya yang menyediakan menu berbuka puasa bagi jemaahnya adalah Masjid Al-Musyafir di kompleks Terminal Tirtonadi Solo. Masjid ini menjadi jujugan bagi pelaku perjalanan menggunakan sarana transportasi bus untuk menunaikan salat.

Baca Juga: Asyik! Bubur Samin Kembali Dibagikan Di Masjid Darussalam Jayengan Solo

Salah satu Takmir Masjid Al-Musyafir Terminal Tirtonadi, Solo, Sumarno, menjelaskan pengelola masjid menyediakan 180 porsi takjil atau menu buka puasa bagi warga yang datang setiap sore selama Ramadan.

Menurut Sumarno, selain para pelaku perjalanan yang kebetulan berada di Terminal Tirtonadi, jemaah salat Masjid Al-Musyafir juga berasal dari warga kampung sekitar terminal yang masjidnya sempit atau penuh.

Baca Juga: Kemenag Umumkan Ramadan Mulai Minggu, Jamaah Masjid Agung Solo Kecele

4. Masjid Raya Fatimah

Masjid Raya Fatimah yang terletak di Jl Dr Radjiman, Kota Solo, juga menyediakan menu takjil dan berbuka puasa bagi jemaah maupun musafir yang kebetulan mampir di masjid itu.



Berdasarkan informasi yang diperoleh Solopos.com dari takmir masjid setempat, masjid yang terkenal sebagai masjid pengantin itu menyediakan sekitar 170 porsi takjil dan buka puasa setiap harinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya