top ear
Ilustrasi kamar mandi (freepik)
  • SOLOPOS.COM
    Ilustrasi kamar mandi (freepik)

Ini Masalah di Kamar Mandi dan Cara Menanganinya

Tak jarang area ini sering menimbulkan masalah, seperti toilet mampat, pipa air tersumbat, hingga bau tentunya akan mengurangi kenyamanan Anda ketika menggunakan ruangan tersebut.
Diterbitkan Rabu, 29/07/2020 - 09:38 WIB
oleh Solopos.com/Syahrul Shobirin
2 menit baca

Solopos.com, SOLO--Kamar mandi merupakan area yang sering digunakan di rumah. Sebagai area yang sering terkena basah dan lembap, kamar mandi merupakan area rentan kontor yang perlu perawatan ekstra.

Tak jarang area ini sering menimbulkan masalah, seperti toilet mampat, pipa air tersumbat, hingga bau tentunya akan mengurangi kenyamanan Anda ketika menggunakan ruangan tersebut.

Bila desain direncanakan dengan baik, maka masalah kamar mandi yang sering terjadi bisa dihindari. Berikut masalah masalah umum yang mungkin saja terjadi di kamar mandi Anda dan cara menghindarinya:

Desa Pranggong Boyolali Sediakan Wifi Gratis Untuk Siswa Belajar Online

1.Toilet Mampat
Toilet mampat merupakan masalah yang sering terjadi. Banyak faktor yang menyebabkan toilet mampat. Salah satunya adalah posisi toilet dan pemipaan yang kurang tepat. Jika hal ini terjadi, pastikan toilet ada pada posisi pemipaan yang efisien, juga pastikan ukuran pipa air kotor yang berukuran pas.

2.Sink mampat
Selain toilet, seringkali kita melupakan sink. Hanya karena kegunaan untuk mencuci tangan atau menggosok gigi seringkali kita lupa membersihkannya. Akhirnya membuat sink mampat dan menyebabkan bau. Sebaiknya tetap perhatikan sink dan rutin membersihkannya.

Bila saluran air terlanjur menumpuk, Anda bisa menggunakan soda api untuk melancarkannya kembali. Tapi ingat, soda api berisiko merusak pipa apabila terlalu sering dan pipa terbuat dari bahan yang kurang berkualitas.

Dikira Sudah Selesai, 3 Negara Ini Hadapi Gelombang Ketiga Covid-19

Membahayakan Pengguna

3.Lembap
Kondisi lembap sering ditemukan di kamar mandi basah. Bila udara sudah lembap cermin dan saniter akan rentan berlumut. Hal ini akan menyebabkan banyak bakteri. Untuk menghindari ini, sebaiknya kamar mandi dilengkapi sirkulasi udara yang baik atau bila tidak memungkinkan untuk ada bukaan, gunakan exhaust fan.

4.Lantai licin
Lantai yang licin sering kali jadi masalah utama. Air yang menggenang jadi penyebab lantai licin dan berisiko membahayakan pengguna kamar mandi.

Floor drain menjadi salah satu pengaruh penting untuk mengatasi masalah ini, jika alir mengalir dengan baik ke floor drain, lantai kamar mandi tidak menjadi lembap dan licin. Pastikan kemiringan lantai ke floor drain berjalan dengan lancar. Selain itu, Anda bisa memasang lapisan anti-slip khusus lantai kamar mandi.

5.Dinding terkelupas
Dinding terkelupas biasanya disebabkan oleh udara lembap yang terperangkap di kamar mandi. Dinding yang tidak dilapisi keramik akan mudah rusak dan akan mengurangi keindahan. Anda bisa menghindarinya dengan memasang exhaust fan untuk mengurangi kelembapan udara. Lindungi juga dinding tanpa keramik dengan cat yang tahan air sehingga dinding akan lebih awet.


Editor : Profile Ivan Indrakesuma
LIKE di sini untuk lebih banyak informasi terbaru di Solopos.com



berita terkait

berita terpopuler

Iklan Baris

Properti Solo & Jogja

berita terkini