Tutup
Scroll untuk melanjutkan membaca

Ini Manfaat Tidur dengan Kucing

Seperti memelihara hewan, tidur dengan kucing juga memiliki segudang manfaat.
SHARE
Ini Manfaat Tidur dengan Kucing
SOLOPOS.COM - Ilustrasi tidur dengan kucing. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO-Bagi kamu penyuka kucing, ketahui nih manfaat tidur dengan hewan lucu tersebut. Jika kamu mengalami gangguan tidur, simak ulasannya di info sehat kali ini.

Memelihara hewan memang menawarkan segudang manfaat bagi kesehatan, baik fisik maupun mental. Bahkan tak jarang hewan peliharaan sudah dianggap seperti anggota keluarga sendiri.

PromosiTokopedia Card Jadi Kartu Kredit Terbaik Versi The Asian Banker Awards 2022

Mereka dimandikan agar selalu terjaga kebersihannya, diberi makanan sehat, hingga dibawa ke dokter jika mereka sakit. Bukan hanya itu, tak jarang hewan peliharaan ini pun ikut tidur di kasur bersama si majikan.

Dikutip dari hellosehat.com, Selasa (4/10/2022), tidur bersama kucing, anjing, maupun atau hewan peliharaan lainnya ternyata juga memberikan manfaat yang tidak jauh berbeda dengan memelihara mereka. Berikut ulasannya:

1. Meningkatkan kualitas tidur

Tidur dengan anjing atau kucing dapat meningkatkan kualitas tidur. Hal ini dibuktikan melalui studi kecil dalam Mayo Clinic. Penelitian terhadap orang dewasa tersebut melaporkan tidur bersama anjing di kamar tidur bisa bikin lebih nyenyak.

Baca Juga; Akhirnya Bertemu Gibran, DMFI Akui Tak Mudah Larang Daging Anjing di Solo

Namun, perlu diperhatikan bahwa studi ini hanya memperhatikan kualitas tidur yang meningkat saat tidur berada di satu ruangan. Selain itu, ada faktor lain yang membuat seseorang tertidur nyenyak bersama hewan peliharaan, seperti:

– jumlah orang,
– ukuran hewan peliharaan, dan
– ukuran tempat atau kamar tidur.

2. Memberikan kenyamanan dan rasa aman

Selain kualitas tidur, manfaat lainnya dari tidur dengan kucing maupun anjing yakni memberikan kenyamanan dan rasa aman. Bagaimana bisa?   Sebuah survei dari Anthrozoös terhadap wanita dewasa mengungkapkan bahwa hewan peliharaan seperti anjing memberikan rasa nyaman dan aman. Hal tersebut dibandingkan bila tidur dengan orang lain atau kucing.

Baca Juga: Arti Mimpi Melihat Kucing Hitam, Pertanda Kesialan bakal Menghampiri?

Bila Anda sering merasa takut atau kesepian, cara ini mungkin bisa menjadi solusi yang bisa dicoba.

3. Meningkatkan kesehatan mental

Sudah bukan rahasia lagi bila hewan peliharaan dapat membantu meredakan stres dan kecemasan. Kucing atau anjing membantu membangun hubungan sosial dan emosional. Keduanya bisa memengaruhi suasana hati dan kesehatan mental.

Studi dari Frontiers in psychology melaporkan bahwa interaksi antara manusia dan hewan bisa mengurangi faktor stres, seperti:

Baca Juga: Kasus Asusila terhadap Kucing, 3 Bocah Jadi Tersangka Perundungan

– hormon kortisol,
– detak jantung, dan
– tekanan darah.

Bila faktor-faktor di atas terkendali, Anda mungkin lebih bisa mengendalikan amarah, meningkatkan empati, hingga meningkatkan rasa percaya pada orang lain.

Meski begitu, para ahli masih memerlukan penelitian lebih lanjut apakah efek tersebut sama ketika Anda tidur dengan kucing atau anjing.



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
      Promo & Events
      Berita Terkini
      Indeks Berita
      Part of Solopos.com
      Punya akun? Silahkan login
      Daftar sekarang...
      Support - FaQ
      Privacy Policy
      Tentang Kami
      Kontak Kami
      Night Mode