SOLOPOS.COM - Ketahui manfaat mangkuk seperti yang dipakai pawang hujan Mandalika. (Ilustrasi/Freepik.com)

Solopos.com, SOLO-Mangkok yang digunakan  pawang hujan Rara Istiati Wulandari, saat ritual menangkal hujan di Sirkuit Mandalika viral, ternyata manfaatnya bukan sekadar media penangkal hujan. Sebagaimana diketahui setiap pawang hujan memakai metode tersendiri dalam menangkal hujan.

Ada pawang hujan cukup membaca dzikir dan Salat Tahajud, namun pawang hujan di Sirkuit Mandalika memilih menggunakan media sebagai sarana berkomunikasi dengan dimensi lain. Selain dupa, Rara diketahui juga memakai sebuah mangkuk. Mangkuk yang dipakai Rara seperti yang dipakai saat sesi meditasi dalam yoga.

Promosi BRI Sukses Jual SBN SR020 hingga Tembus Rp1,5 Triliun

Penelitian ilmiah menunjukkan mangkuk seperti yang dipakai pawang hujan Mandalika ini memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan. Sejarah mencatatkan bahwa singing bowl digunakan untuk meningkatkan energi negatif dan merilis energi negatif dari tubuh.

Mengutip klikdokter.com, Rabu (23/3/2022), mangkuk seperti dipakai pawang hujan Mandalika tersebut merupakan salah satu media yang dipakai dalam sound healing. Sound healing bisa dikatakan sebagai terapi musik yang memiliki tujuan untuk membantu menenangkan pikiran. Singkatnya, sound healing bisa membantu pasien yang sedang mengalami gangguan kecemasan dan depresi.

Baca Juga: Beda dengan Rara di Mandalika, Begini Ritual Pawang Hujan Semarang

Untuk cara kerjanya, biasanya ahli terapi akan menggunakan alat musik tradisional, seperti gamelan, suling, atau singing bowl untuk membantu menenangkan pikiran masing-masing pasien. Mengutip dari Very Well dan Bisnis.com,  Rabu (23/3/2022), berikut manfaat mangkuk emas atau singing bowl seperti dipakai pawang hujan Mandalika :

1. Menghilangkan stres

Beberapa penelitian mendukung penggunaan mangkuk bernyanyi Tibet sebagai cara untuk meningkatkan relaksasi dan mengurangi perasaan cemas.

2. Meningkatkan kualitas tidur

Karena singing bowl telah dikaitkan dengan penurunan kecemasan dan ketegangan, mungkin membantu untuk meningkatkan kualitas tidur. Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mendukung hal ini.

Baca Juga: Aksi Pawang Hujan Mandalika Dipuji MotoGP, It Worked Trending Twitter

3. Menurunkan tekanan darah

Penelitian yang diterbitkan oleh American Journal of Health Promotion pada  2014 meneliti manfaat singing bowl saat sesi relaksasi selama 12 menit dan menemukan penurunan yang lebih besar pada tekanan darah sistolik dan detak jantung dibandingkan dengan diam sebelum sesi. 4. Mengurangi depresi Satu studi mengaitkan terapi mangkuk bernyanyi dengan perbaikan suasana hati dan menyarankan bahwa pendekatan ini mungkin merupakan cara berbiaya rendah untuk membantu mengurangi gejala depresi

5. Merangsang sistem kekebalan

Beberapa juga mengklaim bahwa mangkuk bernyanyi Tibet dapat merangsang sistem kekebalan dan menghasilkan perubahan yang menguntungkan dalam gelombang otak.

6. Pereda nyeri

Satu studi yang mengamati nyeri tulang belakang kronis menemukan bahwa orang yang diobati dengan terapi mangkuk bernyanyi mengalami penurunan intensitas nyeri yang signifikan serta penurunan stres. Namun, perawatan plasebo memiliki efek yang sama, sehingga penulis studi menyimpulkan bahwa efektivitas terapi mangkuk bernyanyi untuk penghilang rasa sakit tidak dapat dikonfirmasi.

Baca Juga: Jadi Langganan Artis hingga Pejabat, Pawang Hujan di Semarang Ngaku Tak Bisa Tolak Hujan

7. Menyeimbangkan dan menyelaraskan tubuh

Banyak pendukung mengklaim bahwa getaran mangkuk bernyanyi dapat menghasilkan perubahan yang bermanfaat dalam tubuh dengan “menyelaraskan” sel-sel dan “menyeimbangkan sistem energi tubuh.”

8. Meningkatkan praktik penyembuhan lainnya

Beberapa orang menggunakan singing bowl dalam kombinasi dengan praktik penyembuhan lainnya, seperti meditasi dan pernapasan dalam. Mangkuk emas ini juga menjadi alat dalam penyembuhan holistik.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya