Ini Lokasi Gerbang Istana Ratu Kidul di Pantai Parangkusumo Jogja

Inilah lokasi gerbang menuju Istana Laut Kidul di Pantai Parangkusumo, Bantul, DIY.
Ini Lokasi Gerbang Istana Ratu Kidul di Pantai Parangkusumo Jogja
SOLOPOS.COM - Kompleks Cepuri Parangkusumo di Pantai Parangkusumo, Bantul, DIY, yang dianggap sebagai gerbang menuju Istana Ratu Laut Kidul. (Wikimapia)

Solopos.com, BANTUL — Pantai Parangkusumo di Bantul, DIY, merupakan destinasi wisata populer di Jogja yang diklaim sebagai gerbang menuju Istana Ratu Kidul. Mitos itu berkaitan dengan kisah Danang Sutawijaya alias Panembahan Senopati dengan Ratu Kidul.

PromosiKebocoran Data Bank Indonesia Momentum Mempercepat Pengesahan RUU PDP

Dikutip dari Antara, Jumat (14/1/2022), pantai ini merupakan tempat Danang Sutawijaya alias Panembahan Senopati bertapa. Di sanalah dia kemudian bertemu dengan Ratu Pantai Selatan.

Dalam Babad Tanah Jawi disebutkan Danang Sutawijaya bertapa karena ingin menjadi Raja Mataram. Di tengah tapa dia bertemu dengan Ratu Kidul yang berjanji membantu mengabulkan keingiannya serta menjaga ketentraman rakyat Mataram hingga turun temurun.

Baca juga: Misteri Gerbang Istana Ratu Kidul di Pantai Parangkusumo Jogja

Panembahan Senopati kemudian diajak Ratu Kidul ke istananya di dasar samudra. Setelah itu terjalinlah cinta antara keduanya yang menjadi awal kisah pernikahan spiritual Kanjeng Ratu Kidul dengan Panembahan Senopati.

Pertamuan antara Panembahan Senopati dengan Ratu Kidul di pesisir pantai selatan itu terjadi di Cepuri Parangkusumo. Di sana terdapat batu besar tempat Panembahan Senopati bertapa dengan Ratu Kidul. Sampai akhirnya terjadi kontrak politik yang diteruskan sampai sekarang.

Cepuri Parangkusumo itu dipercaya sebagai gerbang menuju Keraton Kidul. Hal ini membuat Cepuri Parangkusumo sering diziarahi. Pelaku ritual mempercayai ada penunggu di kawasan itu yang harus diberi sesajen. Mereka adalah Mbok Nyi Roro Kudul yang merupakan wakil dari Ratu Kidul atau Gusti Kanjeng Ratu Kidul, sebagai penguasa laut selatan.

Baca juga: 3 Pantai di Jogja dengan Ombak Ganas, Waspada Lur!

Hal itu membuat kawasan Cepuri Parangkusumo kental dengan nuansa mistis. Maka tidak heran jika malam Jumat Kliwon dan Selasa Kliwon selalu dianggap keramat.

Setiap ritual berlangsung, peziarah yang melakukan doa di Batu Sengker kemudian menaruh seluruh sesajian yang akan dipersembahkan untuk Gusti Kanjeng Ratu Kidul dan nantinya akan dilabuh di Pantai Parangkusumo yang jarahnya 300 meter di sebelah selatan Cepuri.


Berita Terkait
    Berita Lainnya
    Promo & Events
    Honda Motor Jateng
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago