SOLOPOS.COM - Ketua Panitia Kampung Ramadhan Jogokariyan Tahun 2021, Muhammad Syafiq (keempat dari kiri) dalam acara pembukaan Kampung Ramadhan Jogokariyan pada Selasa (13/4/2021). (Harian Jogja/Sirojul Khafid)

Solopos.com, JOGJA — Ngabuburit atau menunggu waktu berbuka puasa menjadi aktivitas yang paling ditunggu selama bulan puasa Ramadan. Biasanya ngabuburit dilakukan sambil jalan-jalan, mengunjungi tempat wisata, atau berburu takjil.

Di Jogja memang banyak tempat yang cocok untuk dijadikan ngabuburit. Berikut ini lima tempat ngabuburit yang direkomendasikan untuk kalian kunjungi.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pasar ramadan jogokariyan tempat ngabuburit jogja
Ketua Panitia Kampung Ramadhan Jogokariyan Tahun 2021, Muhammad Syafiq (keempat dari kiri) dalam acara pembukaan Kampung Ramadhan Jogokariyan pada Selasa (13/4/2021). (Harian Jogja/Sirojul Khafid)
  1. Kampung Ramadan Jogokariyan

Ngabuburit di Kampung Ramadan Jogokariyan (KRJ) bisa menjadi destinasi utama untuk berburu takjil. Karena, tempat ini merupakan surganya takjil di wilayah Jogja.

Ekspedisi Mudik 2024

Ada 270 usaha mikro kecil menengah (UMKM) binaan Masjid Jogokariyan yang tersebar sepanjang Jalan Jogokariyan, Kota Jogja. Selain itu, kamu juga bisa ngabuburit sambil mendengarkan ceramah jelang berbuka puasa di Masjid Jogokariyan dan bisa mendapatkan makanan buka puasa gratis, karena setiap harinya masjid ini menyediakan kurang lebih 3.000 porsi menu buka puasa yang dibagikan untuk umum.

Mobil odong-odong di Alun-alun Selatan (JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto) tempat ngabuburit jogja
Mobil odong-odong di Alun-alun Selatan (JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto)
  1. Alun-Alun Kidul

Alun-Alun Kidul atau biasa disebut juga Alkid bisa menjadi pilihan untuk ngabuburit seru. Selain banyak pedagang yang menjual aneka jajanan dan takjil, Alkid juga termasuk destinasi wisata yang sering dikunjungi.

Di Alkid kamu bisa jalan-jalan, berburu takjil dan berbuka puasa sambil menikmati keramaian Kota Jogja. Selain itu, ada berbagai permainan yang bisa kamu coba di Alkid, seperti menaiki becak hias yang dikayuh sendiri, bermain layangan, hingga melewati pohon beringin sambil menutup mata.

tempat ngabuburit jogja
Pesta Olahraga Dirgantara
  1. Bukit Paralayang Watugupit

Bukit Paralayang Watugupit bisa menjadi destinasi ngabuburit yang seru di Jogja, karena dari ketinggian bukit ini, kamu bisa menyaksikan terbenamnya Matahari dengan pemandangan lautan yang terhampar luas. Bukit dengan ketinggian sekitar 900 mdpl ini menghadap ke arah hamparan pasir Pantai Parangtritis.

Jika ingin ngabuburit di bukit ini, pengunjung disarankan untuk datang lebih awal. Pasalnya, jika datang terlalu sore, tempat ini sudah ramai dan kita sulit untuk mendapatkan tempat duduk. Kamu bisa membawa makanan buka puasa dari rumah atau membeli di warung-warung sekitar. Bukit Paralayang Watugupit berada di Area Hutan Giricahyo, Purwosari, Gunungkidul.

tempat ngabuburit jogja
Wisatawan berada di kawasan Malioboro, Yogyakarta, Kamis (10/2/2022). Berdasarkan surat edaran nomor 430/1.31/SE Disbud/2022 tentang Pelaksanaan Penataan Kawasan Khusus Pedestrian Jalan Malioboro dan Jalan Margo Mulyo, Pedagang Kaki Lima (PKL) dilarang melakukan aktivitas jual beli di sepanjang lorong jalan serta pemindahan barang di Teras Malioboro I eks Dinas Pariwisata DIY dan Teras Malioboro II eks Gedung Bioskop Indra. ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah/foc.
  1. Malioboro

Malioboro menjadi destinasi favorit wisata di Jogja. Malioboro juga bisa dijadikan tempat ngabuburit yang seru. Selain jalan-jalan, kamu bisa berburu kuliner dan berbelanja di sana. Area pejalan kaki saat ini juga lebih lega, sehingga kamu bisa lebih nyaman menikmati suasana Malioboro dan mengabadikan momen dengan berfoto.

tempat ngabuburit jogja
(Harian Jogja/JUMALI)
Dua atlet panjat tebing kontingen Sleman berlomba pada nomor Beregu Speed World Pekan Olahraga Daerah (Porda) XIV DIY 2017 di GOR Klebengan Sleman, Minggu (30/6).
  1. Depan Gor Klebengan

Ngabuburit sambil berburu jajanan dan takjil di depan Gelanggang Olahraga (GOR) Klebengan di utara UGM, Sleman, bisa menjadi pilihan yang tepat. Di sepanjang jalan depan GOR Klebengan, terdapat banyak penjual jajanan seperti telur gulung, taiyaki, empek-empek, jajanan khas korea, aneka minuman dan lainnya.

Selain jajanan, di pelataran GOR Klebengan juga banyak warung yang menjual aneka ragam makanan berat. Sehingga jika berbuka di depan GOR Klebengan dan ingin langsung makan makanan berat, tidak perlu bingung karena ada banyak jenis makanan yang kamu pilih di sana.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Rekomendasi 5 Tempat Ngabuburit Seru di Jogja

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya