SOLOPOS.COM - Ayam Panggang Mbok Cimplek. (Youtube/Kurki Food Hunters)

Solopos.com, KARANGANYAR — Warga Kabupaten Karanganyar yang merantau ke kota besar mulai mudik untuk merayakan Lebaran 2022. Begitu pula warga asal Kabupaten Karanganyar bagian selatan seperti Jumantono, Jumapolo, Jatipuro dan Jatiyoso (4J), mereka sudah sudah mulai berdatangan untuk merayakan Lebaran di kampung halaman.

Sementara itu, setelah lama tidak mudik akibat pandemi Covid-19, mereka tentunya kangen dengan segala hal yang ada di kampung halaman, termasuk kulinernya. Lalu apa saja kuliner yang mungkin bisa menjadi jujugan para pemudik saat mereka pulang nanti?

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Di Jatipuro yang merupakan salah satu pusat keramaian di wilayah 4J terdapat menu makanan yang cukup terkenal, yakni ayam panggang. Di antaranya warung ayam panggang yang terkenal di Jatipuro adalah Ayam Panggang Mbok Cimplek.

Warung ayam panggang ini terletak di jalan raya Ngadirojo-Jatipuro, Karanganyar. Tempat makan yang buka sejak 1999 tersebut memiliki konsep unik, yakni open kitchen dengan dapur tradisional khas Jawa.

Ayam Panggang Mbok Cimplek ini sudah dikenal lama. Rahasia kelezatan ayam panggang ini terletak pada bumbu dan proses memasaknya yang masih sangat tradisional. Dengan konsep dapur open kitchen, pembeli bisa melihat langsung proses memasak ayam panggang tersebut.

Baca Juga: Siap-Siap! Pusat Kuliner Kereta di Jl. Bogowonto Beroperasi Lebaran

Kepala Desa Jatipurwo, Harno, mengatakan selain Mbok Cimplek, sebenarnya ada warung makan ayam panggang lain di Jatipuro yang punya rasa ciamik. “Sebenarnya ayam panggang di Jatipuro tidak hanya Mbok Cimplek, tetapi ada empat warung ayam panggang misalnya Mbok Denok,” ujarnya, Selasa (26/4/2022).

Menurutnya, semuanya memiliki cita rasa yang hampir sama, hanya saja di Mbok Cimplek sudah lebih dikenal dan tempatnya juga relatif lebih luas.

Selain ayam panggang, di Jatipuro juga terdapat warung makan yang kemungkinan akan menjadi jujugan alternatif pemudik. Warung itu takni Sate Kambing Muncar dan Rumah Makan Bu Retnowati. “Di Warung Sate Muncar ada pilihan masakan olahan dagingg kambing, sedangkan di rumah makan Bu Retnowati menyediakan aneka masakan khas Jawa,” imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya