Tutup
Scroll untuk melanjutkan membaca

Ini Kronologi Bencana Tanah Longsor di Kecamatan Grobogan

Kronologi bencana tanah longsor menurut Kades Sumberjatipohon Eni Endarwati, bermula hujan deras yang mengguyur Kecamatan Grobogan sejak Selasa (5/4/2022) malam.
SHARE
Ini Kronologi Bencana Tanah Longsor di Kecamatan Grobogan
SOLOPOS.COM - Warga bergotong royong membersihkan reruntuhan tanah longsor di Desa Sumberjatipohon, Kecamatan/Kabupaten Grobogan, Rabu (6/4/2022). (Istimewa-Pemerintah Desa Sumberjatipohon)

Solopos.com, PURWODADI — Bencana tanah longsor terjadi di Desa Sumberjatipohon, Kecamatan/Kabupaten Grobogan, Rabu (6/4/2022) dini hari. Tiga rumah warga mengalami kerusakan dan satu kambing tertimpa longsor.

Kepala Desa Sumberjatipohon, Kecamatan Grobogan, Eni Endarwati mengatakan, berdasar pendataan rumah yang terdampak longsor jadi tiga. Yakni rumah milik Sunarto, 36 tahun, rumah milik Purwadadi, 53 tahun, keduanya berada di Dusun Krajan. Lalu satu lagi rumah milik Jasmin, 58 tahun di Dusun Ngulakan.

PromosiGelaran B20 di Jawa Timur Fokus pada Rantai Pasok UMKM

Kronologi bencana tanah longsor menurut Kades Eni, bermula hujan deras yang mengguyur Kecamatan Grobogan sejak Selasa (5/4/2022) malam. Kemudian pada Rabu dini hari, Sunarto mendengar suara cukup keras dari samping rumah.

Baca juga: Waduh! Minyak Goreng Kemasan Ilegal Beredar di Jateng, Ini Mereknya

“Mendengar suara keras tersebut Sunarto kemudian keluar rumah dan ternyata terjadi tanah longsor yang menimpa samping rumahnya. Kejadian ini menyebabkan dinding rumah jebol. Hasil pengecekan kerugian ternyata sekitar Rp2 juta,” jelas Eni.

Longsor juga menimpa rumah milik Purwadi. Saat itu hujan deras disertai angin, kemudian sekira pukul 02.00 WIB terdengar suara keras dari belakang rumah. Purwadi yang mendengar suara tersebut mengecek bagian belakang rumah.

“Sama seperti Sunarto, rumah Purwadi juga terkena tanah longsor. Jika rumah Sunarto di bagian samping, maka rumah Purwadi yang rusak bagian belakang. Kerugian setelah dihitung sekitar Rp2 juta,” kata Kades Eni.

Baca juga: Banjir Grobogan, Ambulans Terjebak di Jalan Raya Purwodadi – Pati

Dari hasil pendataan, ternyata tanah longsor tidak hanya terjadi di Dusun Krajan, namun juga terjadi di Dusun Ngulakan RT 007, RW 006, Desa Sumberjatipohon. Rumah milik Jasmin, 58 tahun warga setempat terdampak longsor.

“Jadi sama diawali hujan deras dan angin kencang sejak Selasa malam. Kemudian Rabu sekira pukul 02.00 WIB terdengar suara keras pohon tumbang,” jelas Eni.

Jasmin kemudian keluar rumah, ternyata suara keras tersebut berasal dari tanah longsor yang menyebabkan pohon kelapa dan pohon mahoni tumbang menimpa bagian belakang rumahnya. Kerugian diperkirakan Rp1 juta.

“Sudah dilakukan pembersihan tanah longsor dan puing-puing dari rumah yang rusak akibat kejadian itu oleh warga, BPBD, polisi dan TNI,” imbuhnya.

 



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
      Promo & Events
      Berita Terkini
      Indeks Berita
      Part of Solopos.com
      Punya akun? Silahkan login
      Daftar sekarang...
      Support - FaQ
      Privacy Policy
      Tentang Kami
      Kontak Kami
      Night Mode