SOLOPOS.COM - Ketua DPR Puan Maharani (dok.detikcom)

Solopos.com, SEMARANG -- Ketua DPP PDIP Puan Maharani mengungkap kriteria calon presiden (capres) yang bakal jadi jagoan partainya. Dia menyebut sosok pemimpin bukan hanya yang muncul di media sosial, tapi justru di lapangan.

"Pemimpin menurut saya, itu adalah pemimpin yang memang ada di lapangan dan bukan di sosmed," kata Puan usai membuka Pameran Foto Esai Marhaen dan Foto Bangunan Cagar Budaya di kantor DPD PDIP Jawa Tengah, Panti Marhen, Semarang, Sabtu (22/5/2021).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

"Pemimpin yang dilihat sama teman-temannya, sama orang-orangnya yang mendukungnya ada di lapangan," sambungnya soal kriteria capres dari PDIP.

Ekspedisi Mudik 2024

Baca juga: Ini 4 Menteri Dengan Elektabilitas Tertinggi Hasil Survei ARSC

Selain kriteria Capres, Puan menegaskan kader PDIP siap menyambut kontestasi Pilpres 2024. Dia juga menepis jika PDIP terkesan tenang dalam menyambut Pilpres 2024.

"Kita diem-diem saja kaya ndak siap, kita siap. Hanya, kita itu partai yang tegak lurus pada aturan," tegas Puan dilansir Detik.com.

Sementara itu, Ketua DPP PDIP Bidang Pemenangan Pemilu (Bapilu) Bambang Wuryanto atau Bambang Pacul menyebut ada tiga kriteria capres yang bakal diusung partainya. Salah satunya soal track record alias rekam jejaknya.

Baca juga: BMKG Jateng Peringatkan Potensi Banjir Pesisir, Ini Daerah Terdampak

"Bagaimana memilih seorang pemimpin? Setiap orang boleh mengeluarkan teorinya. Tapi setidaknya ada teori yang valid dan firm. Bahwa memilih seorang pemimpin nomor satu adalah cek track recordnya," kata Bambang Pacul soal kriteria capres PDIP, di lokasi yang sama.

Bambang belum menyebut nama jagoan yang bakal diusung PDIP maju capres 2024. Namun dia mengungkap ada tiga syarat wajib sebagai bakal calon presiden setelah selesai menelusuri rekam jejaknya.

"Dari penelusuran rekam jejak, akan diketahui tiga hal. Karakternya, kompetensinya dan kapasitasnya," jelas Bambang Pacul.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya