Ini Kondisi Balita di Jogja Positif Corona dan Hasil Tes Orang Tuanya

Kondisi anak balita di Jogja positif corona atau Covid-19 masih terus dipantau oleh RSUP dr. Sardjito.
SHARE
Ini Kondisi Balita di Jogja Positif Corona dan Hasil Tes Orang Tuanya
SOLOPOS.COM - Ilustrasi Virus Corona (Freepik)

Solopos.com, SLEMAN — Kondisi anak balita di Jogja positif corona atau Covid-19 masih terus dipantau oleh RSUP dr. Sardjito. Sementara itu, kedua orang tuanya dinyatakan negatif meski belum dipulangkan.

Hal itu diungkapkan Kabag Hukum dan Humas RSUP dr. Sardjito, Banu Hermawan, dalam jumpa pers di RSUP dr Sardjito, Selasa (17/3/2020). Dia menyebut kondisi balita berangsur membaik.

PromosiTop! Bos Tokopedia Masuk List Most Extraordinary Women Business Leader

Banu menjelaskan kondisi yang dapat dikatakan membaik itu artinya gejala-gejala klinis yang memberatkan pasien sementara ini sudah tidak ada. Gejala klinis yang dimaksud adalah sesak napas, batuk, dan pilek. "Jadi gejala pneumonianya sudah tidak ada," kata dia.

Tambah 20, Jumlah Kasus Positif Corona di Indonesia Jadi 172 Orang

Meski begitu, kondisi yang berangsur membaik ini tidak lantas membuat pasien dinyatakan negatif. Balita tersebut masih akan dipantau hingga tim medis menyatakan dia negatif berdasarkan hasil pengecekan laboratorium.

Baru setelah hasilnya negatif dari tiga kali pengecekan, balita di Jogja positif corona atau Covid-19 itu baru bisa benar-benar dinyatakan negatif.

Sementara itu, jumlah pasien dalam pengawasan (PDP) yang hasil laboratorium menunjukkan negatif virus corona bertambah dua orang. Selain itu jumlah orang yang terperiksa hingga Selasa (17/3/2020) juga bertambah dua orang.

Masa Darurat Corona Diperpanjang hingga 91 Hari

Juru Bicara Pemda DIY untuk Penanganan Covid-19 Berty Murtiningsih menjelaskan hingga Selasa (17/3/2020) sore jumlah terperiksa sebanyak 24 orang. Dari jumlah itu, 14 orang di antaranya dinyatakan negatif, sehingga ada tambahan dua pasien yang dinyatakan negatif.

Negatif

Penambahan dua pasien dengan hasil laboratorium negatif ini berasal dari orang tua balita Jogja yang positif corona. “Saat ini masih ada sembilan pasien yang menunggu hasil laboratorium,” katanya Selasa (17/3/2020).

Data tersebut sedikit berbeda dari data Senin (16/3/2020) sore, di mana jumlah terperiksa naik dari 22 orang menjadi 24 orang. Kemudian hasil negatif berubah dari sebelumnya 12 orang menjadi 14 orang pada Selasa (17/3/2020) sore.

Guru Besar UGM Suspect Virus Corona, Sedang Diobservasi

Sedangkan untuk yang positif satu pasien dan masih dalam proses pemeriksaan atau PDP ada 9 orang.

Meski sudah dinyatakan negatif, PDP belum diperbolehkan pulang sebelum mendapatkan keterangan dari rumah sakit dan dinyatakan sembuh. Adapun untuk pasien yang positif baru dinyatakan sembuh sendiri harus melalui laboratorium dengan hasil negatif sebanyak dua kali.



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
Promo & Events
Berita Terkini
Indeks Berita

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago