SOLOPOS.COM - Ilustrasi kunci rumah. (freepik.com)

Solopos.com, JOGJA — Membeli rumah bukanlah hal yang bisa dilakukan dengan sembrono. Dilansir Harian Jogja—grup Solopos.com—dari Lamudi.co.id, diberikan tips dan trik khusus sebelum membeli rumah. Salah satunya adalah fengsui.

Tips pertama, yaitu soal lingkungan sekeliling rumah tinggal. Disarankan lingkungan di sekeliling rumah tinggal harus asri. Hal tersebut berarti, tempatnya bersih dan berada pada posisi yang cukup nyaman. Hindari juga rumah yang bersebelahan dengan selokan karena itu sangat tidak baik untuk rezeki Anda.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Tips kedua yaitu kondisi kontur tanah. Menurut fengsui, keberadaan dan kondisi tanah berpengaruh untuk kebaikan. Rumah tinggal yang baik Fengsuinya berada pada kontur tanah yang naik ke belakang.

Sadis, Ibu Ini Tega Bantai 3 Anak Kandung

Tips ketiga yaitu bentuk kapling. Bentuk kapling yang baik merupakan empat persegi panjang. Bentuk seperti ini sangat baik, bila memanjang ke belakang, dan tidak disarankan apabila lebar depan rumah panjangnya melebihi panjang dari kedalamannya. Bentuk kapling yang melebar ke belakang banyak juga diminati, akan tetapi sebaiknya tidak mengecil ke belakang.

Tips keempat yaitu arah hadap pintu masuk utama. Fengsui pun sangat memperhatikan arah hadap pintu masuk utama. Arah hadap pintu masuk utama lebih baik sesuai dengan arah yang baik bagi kepala keluarga (pria dan wanita).

Perhatikan Interior

Tips kelima yaitu tata letak interior. Tata letak interior harus memperhatikan beberapa prinsip penting. Prinsip yang paling utama ialah dapur tidak terletak di sektor utara (karena utara simbol air, sedang dapur adalah api); kamar mandi tidak terletak di sektor selatan (karena selatan adalah simbol api, sedang kamar mandi merupakan simbol air).

5 Fengsui Rumah Ini Perlancar Datangnya Rezeki

Lain dari pada itu, hindari rumah dengan letak dapur, tangga, atau kamar mandi terletak persis di tengah rumah. Hindari juga rumah yang pintu depannya langsung melihat ke arah tangga, pintu dapur, maupun pintu kamar mandi.

Tips keenam yaitu bentuk bangunan. Bentuk bangunan perlu dipertimbangkan dengan baik. Buatlah desain bentuk bangunan terlebih dahulu sebelum anda mulai membangun rumah anda. Sesuaikan dengan apa yang anda inginkan.

Bentuk bangunan yang sederhana serta beraturan lebih baik ketimbang bentuk bangunan yang tidak beraturan dan bentuk dasar yang beraneka ragam. Jika sebagian bangunan itu bertingkat, maka disarankan posisi tingkatnya berada di bagian belakang bangunan.

KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Solopos

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya