SOLOPOS.COM - Dewi Perssik lakoni sedot lemak dengan teknik laser lipolysis. (Instagram/@dewiperssik9)

Solopos.com, SOLO-Artis Dewi Perssik melakukan sedot lemak dengan teknik laser lipolysis yang disebut memiliki kelebihan dibandingkan teknik lainnya. Apakah itu? Simak ulasannya di info sehat kali ini.

Menurut pemilik goyang gergaji itu, setelah menjalani prosedur tersebut dia bisa kembali beraktivitas. Kendati demikian, pelantun Indah pada Waktunya itu mengaku memiliki efek samping setelah tindakan. “Ini mukaku bengkak, kaki juga bengkak,” tuturnya seperti dikutip dari kanal Youtube Insert Informasi Selebriti pada Minggu (15/5/2022).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Sebelum mengenal kelebihan dari laser lipolysis seperti dilakoni Dewi Perssik saat menghilangkan lemak di tubuhnya, ketahui terlebih dulu prosedurnya seperti apa?  Teknik ini adalah salah satu prosedur sedot lemak menggunakan laser yang dapat memecah lemak untuk mengurangi volume jaringannya. Dibandingkan liposuction biasa, prosedur ini lebih ringan dan proses pemulihannya juga lebih cepat.

Baca Juga: Dewi Perssik Jalani Sedot Lemak Bukan Demi Langsing

Mengutip laman hellosehat.com pada Minggu (15/5/2022), prosedur laser lipolysis dilakukan dengan memasukkan laser pada bagian yang ingin dihilangkan lemaknya. Dokter akan menyuntikkan bius lokal pada daerah yang dituju.  Setelah itu, dokter membuat sayatan kecil dan memasukkan laser ke dalam lapisan kulit melalui pipa cannula kecil. Laser ini akan bergerak bolak-balik meyerupai putaran kipas di sudut dan lapisan yang berbeda.

Nantinya, hasil lemak yang sudah dilelehkan dari pergerakan laser tadi akan dikeluarkan dengan cara dipijat atau dibersihkan dengan pipa vakum, tergantung pada seberapa banyak lemak yang telah dihilangkan.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, salah satu hal yang membuat laser lipolysis lebih unggul dibanding prosedur lain adalah waktu pemulihannya yang lebih cepat. Bahkan setelah menjalani laser lipolysis, pasien bisa langsung melanjutkan kegiatan seperti biasa.

Baca Juga: Mengenal Laser Lipolysis, Sedot Lemak Seperti Dilakoni Dewi Perssik

Luka yang ditimbulkan dari prosedur ini juga lebih ringan karena pipa cannula yang dimasukkan hanya berdiameter sebesar 1 mm. Dokter pun tak perlu membelah atau membuat sayatan besar untuk melakukannya.

Banyak orang yang ragu untuk menjalani sedot lemak karena khawatir akan efek penghisapan lemaknya yang kerap membuat kulit menjadi lebih kendur, terutama bila pasien memiliki kontur tubuh yang tidak rata.

Pada teknik sedot lemak laser lipolysis memiliki kelebihan lain berupa pengencangan dan beberapa pasien juga melaporkan bahwa kulit mereka menjadi lebih halus.  Hal tersebut disebabkan oleh respons penyembuhan tubuh sendiri yang membuat protein dalam jaringan kulit berkontraksi. Proses tersebut juga sekaligus memicu produksi kolagen yang akhirnya menjadikan kulit lebih kencang dan halus.

Baca Juga: Lakukan Operasi Sedot Lemak, Nikita Mirzani Pamer di Vlog

Sayangnya, terkadang laser lypolisis tidak bekerja secara maksimal pada area yang luas seperti pada daerah perut dan sekitarnya. Pasalnya, fleksibilitas dari serat laser yang digunakan memiliki kemampuan yang terbatas, sehingga kerjanya hanya kerap dirasakan pada jaringan lemak paling luar.

Anda juga perlu berhati-bati akan risiko infeksi yang disebabkan oleh pipa cannula yang digunakan. Pada kasus yang parah, pasien bisa saja mengalami penggumpalan darah. Kabar baiknya, komplikasi tersebut merupakan kasus yang jarang terjadi.

Meski demikian, Anda tetap harus memperhatikan beberapa risiko yang mungkin bisa muncul seperti bengkak yang tak biasa, rasa sakit yang terus terasa, atau keluar darah dari luka.

Efek lipolysis bisa berbeda-beda pada setiap orang, tergantung pada bentuk tubuh masing-masing. Ada sebagian pasien yang merasa puas dengan tubuh yang lebih terdefinisi, tapi ada juga yang mengaku tak melihat perubahan signifikan pada tubuh mereka.

Terlepas dari itu, seberapa lama efek yang dihasilkan dari laser lipolysis juga dipengaruhi oleh bagaimana cara seseorang menjalani hidupnya sehari-hari.  Sebaik apa pun hasil yang diberikan, ada baiknya untuk tidak hanya bergantung pada prosedur ini saja. Anda juga tetap harus menjaga pola makan yang sehat serta rajin berolahraga untuk mempertahankan bentuk tubuh yang ideal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya