SOLOPOS.COM - Kolam denang berstandar nasional di Desa Kalijirak, Kecamatan Tasikmadu, Karanganyar. (Solopos.com/Syifa Tri Hastuti)

Solopos.com KARANGANYAR — Kolam renang berstandar nasional yang dibuat Pemerintah Desa Kalijirak, Kecamatan Tasikmadu, Kabupaten Karanganyar sudah hampir selesai. Rencananya kolam renang itu akan diluncurkan awal November ini.

Kolam renang di Desa Kalijirak ini akan ada ada tiga jenis. Yang pertama untuk anak balita, kemudian anak-anak setingkat sekolah dasar kebawah, kemudian yang ketiga adalah kolam renang yang kedalamannya standar nasional yaitu sekitar 2 meter. Namun lebar dan panjangnya belum standar nasional karena keadaan tanah yang tidak terlalu luas.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

“Ini bisa menjadi tempat hiburan untuk anak-anak dan menjadi wahana bagi anak muda. Paling tidak mengubah cara berpikir anak-anak muda yang semula mungkin hanya berkerumun saja, sekarang bisa berkerumun tetapi dengan berolahraga,” ujar Kepala Desa Kalijirak, Tri Joko Susilo, Senin (1/11/2021).

Proses poembangunan kolam renang ini memakan waktu sekitar 3 tahun. Pasalnya seluruh sumber dana yang digunakan baik penyerahan modal kepada BUMDes dan pembangunan kolam renang berasal dari dana desa. Sehingga pembangunan dilakukan secara bertahap.

Ekspedisi Mudik 2024

Baca Juga: Desa Kalijirak Tasikmadu Bakal Punya Kolam Renang Berstandar Nasional

Nantinya, kolam renang berstandar nasional ioni akan dikelola karang taruna Desa Kalijirak. “Kita menyerap tenaga kerja dengan sistem padat karya tunai desa. Jadi yang menjadi pekerjanya semua warga Kalijirak. Konsultannya juga warga Kalijirak. Yang menerima manfaatnya warga Kalijirak dulu, insya Allah nanti maksimal,” ujar Kades.

“Jadi kami tidak bekerja sama dengan pihak ketiga kecuali alat berat yang memang kami sewa” kata Joko lagi.

Ia menambahkan harga tiket masuk kolam renang akan dipatok ramah kantong sehingga tidak memberatkan masyarakat. Namun ia belum bisa memberikan bocorannya. Promosi dilakukan melalui media sosial.

“Kita juga berusaha mempercantik dengan beberapa fasilitas, seperti toilet, kamar mandi, menyediakan Wifi, kemudian ada tempat berfoto, dan area parkir yang luas. Letak daerah kami yang juga cukup nyaman walaupun jauh dari keramaian, tapi insya Allah itu akan menjadi faktor keunikan kolam renang Desa Kalijirak,” kata Joko yang masih menutup rapat informasi seputar nama kolam renang itu.

Baca Juga: Bakal Keren, Desa di Karangpandan Ini akan Dibangun Bioskop Outdoor

Keberadaan kolam renang di Desa Kalijirak ini rupanya sudah sangat dinanti-nanti warga setempat. Joko mengaku banyak warga yang selalu menanyakan kapan kolam renang akan dibuka.

Untuk sementara, air kolam renang bersumber dari sumur masyarakat. Baru pada 2022 direncanakan akan dibangun sumur khusus untuk sumber air kolam renanng. Selain itu akan dibangun pula sistem pembuangan air.

Selain itu, pengelola juga akan seminimal mungkin menggunakan klorin dan tawas untuk menjernihkan air. Pengolahan limbah air akan disaring dan dimanfaatkan untuk pengairan pertanian.

Baca Juga: Mantap Banget! Sangiran Masuk Daftar 50 Desa Wisata Terbaik

“Kedepan Kalijirak tidak hanya mengandalkan kolam renang. Harus mampu membuat trobosan peningkatan ekonomi makro baik secara langsung kepada masyarakat maupun pendapatan asli desa. Harapan kami Desa Kalijirak akan menjadi desa digital dan desa sehat. Dalam rangka membangun desa wisata, kita hanya alternatif. Tapi saya yakin dengan adanya kolam renang ini akan membawa suasana baru dalam kancah destinasi wisata, walupun masih sederhana,” harap Joko.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya