SOLOPOS.COM - Ilustrasi sunroof mobil. (Autofun.co.id)

Solopos.com, SOLO — Sunroof atau atap mobil yang bisa dibuka saat ini banyak dijumpai di mobil kasta menengah ke atas. Apa sebenarnya kegunaan sunroof mobil tersebut.

Sebenarnya pemasangan jendela pada atap mobil layaknya sunroof sudah dilakukan produsen mobil Nash Motor Company yang telah membuat jendela pada atap mobil sejak tahun 1937.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Namun seiring kemajuan teknologi, sunroof mobil saat ini lebih inovatif dan didominasi kaca, bukan plat body seperti dahulu.

Untuk membuka sunroof pun pengemudi mobil tinggal menekan tombol yang ada di depan pengemudi. Maka secara otomatis sunroof akan terbuka.

Ekspedisi Mudik 2024

Dikutip dari Autofun.co.id dan Hondabintang.com, sunroof saat ini ada yang memakai kaca atau menggunakan bahan plat yang sama dengan bodi mobil.

Baca juga: Jalan Beton Bikin Ban Mobil Cepat Aus, Fakta Atau Mitos

Adapun kegunaan sunroof pada mobil untuk membuang hawa panas dari dalam mobil. Saat mobil parkir di area terbuka membuat kabin panas dan pengap.

Salah satu caranya Anda bisa membuka sunroof sambil memanaskan mesin mobil sebelum berkendara agar Anda lebih nyaman saat mulai berkendara.

Kegunaan sunroof mobil lainnya adalah untuk membuang gas beracun atau kondisi udara yang jelek dari dalam kabin setelah mobil lama tidak kita gunakan.

Kondisi seperti ini membuat sirkulasi udara jadi tidak sehat bagi tubuh. Dengan cara membuka sunroof setiap pagi, kamu dapat membuang gas beracun ini keluar mobil.

Baca juga: All New Mercedes-Benz C-Class Meluncur di Indonesia, Segini Harganya

Selain dua hal di atas, kegunaan sunroof mobillainnya adalah saat Anda melakukan perjalanan dan terjebak macet panjang. Saat berdiam lama dalam mobil karena macet, dapat membahayakan Anda.

Karena mobil yang berhenti cukup lama, di kabin yang tertutup gas-gas beracun dan hasil sisa pernapasan akan berkumpul lalu kembali dihirup dan bisa berakibat fatal.

Dengan membuka sunroof, gas-gas tersebut akan keluar dengan otomatis, dan hembusan udara dari AC yang kita hirup adalah udara segar. Jika tidak ada sunroof Anda bisa membuka jendela mobil.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya