SOLOPOS.COM - Suasana halalbihalal murid dan guru di SMP Muhammadiyah 1 Solo, Senin (9/5/2022). (Istimewa/Dokumentasi SMP Muhammadiyah 1 Solo)

Solopos.com, SOLO — SMP Muhammadiyah 1 Solo membiasakan kembali para siswa untuk salat duha seperti sebelum pandemi Covid-19 saat hari pertama PTM pascalibur Lebaran 2022.

Salat duha kali pertama dimulai kembali di sekolah saat halalbihalal, Senin (9/5/2022).

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Kepala SMP Muhammadiyah 1 Solo, Sukidi, menjelaskan salah satu hadis mengenai larangan malas mengerjakan empat rekaat pada waktu permulaan siang atau salat duha. Apabila mengerjakan salat duha, kata Sukidi, niscaya akan dicukupkan kebutuhan di akhir hari.

“Maka di awal masuk ini siswa akan mulai dibiasakan kembali mengawali aktivitas dengan salat duha. Selain itu, salat duha perdana setelah libur Idulfitri ini menjadi rasa syukur Pembelajaran Tatap Muka [PTM] dapat berlangsung kembali normal. Sekaligus doa agar Allah senantiasa melancarkan segala aktivitas sebagai salah satu pemberian rizki-Nya,” kata dia melalui keterangan tertulis diterima Solopos.com, Senin malam.

Sukidi menjelaskan kegiatan setelah salat duha dilanjutkan dengan halalbihalal dan mendengarkan tausiah. Dia menyampaikan pandangan mengenai kesuksesan kepada para murid.

Baca Juga : Hari Pertama Masuk Sekolah, Siswa di Solo Langsung Ikuti PTM dan PJJ

Menurut dia, kesuksesan tidak hanya mengimpikan materi dunia tetapi juga akhirat.

”Salah satu cara meraih sukses itu dengan menciptakan harmonisasi di sekolah agar segala aktivitas berjalan lancar. Hubungan baik dengan teman maupun orang di sekitar maka kerja sama dapat berlangsung baik. Penting [juga] saling memaafkan,” ungkapnya.

Lingkungan sekolah, lanjut dia, senantiasa membiasakan siswa beribadah. Hal itu, imbuh dia, menjadi bekal kesuksesan di akhirat, antara lain mengaji dan menghafal Al-Qur’an, salat wajib maupun sunah seperti salat duha.

Ibadah yang baik dan akhlak yang baik, ungkapnya, akan menunjang kesuksesan di dunia maupun akhirat.

Baca Juga : PTM 100% untuk UTS, Jam Kepulangan Siswa Sekolah Solo Diatur

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya