SOLOPOS.COM - Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita. (Antara/HO-Biro Humas Kemenperin).

Solopos.com, PELALAWAN– Langkah Asia Pacific Resources International Limited (APRIL) Group untuk berinvestasi guna meningkatkan produksi kertas kemasan (paper board) di dalam negeri mendapat apresiasi dari Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang.

Baca Juga: Wow, APRIL Group Investasi Rp33 Triliun untuk Pabrik Kertas Kemasan

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Agus mengatakan investasi tersebut tidak sekadar mengikis angka impor untuk produk itu. Investasi yang dilakukan APRIL Group juga dimungkinkan membuka keran ekspor untuk produk kertas kemasan.

Ekspedisi Mudik 2024

“Perlu dicatat bahwa secara global, pertumbuhan permintaan kertas kemasan dunia, mencapai rata-rata 3% dalam 5 tahun terakhir, investasi ini akan membuat Indonesia mampu memenuhi kebutuhan kertas kemasan global,” kata dia, Selasa (29/3/2022).

Agus juga mengungkapkan investasi APRIL menandai langkah lebih konkret menuju green economy. “Tidak hanya kertas, plastik juga punya potensi daur ulang. Jadi dengan kesadaran masyarakat dan industri yang makin kuat, saya memandang kedua komoditi ini akan mampu mendukung circular economy,” kata dia.

Baca Juga: Punya Pabrik Kertas, Desa di Sumberlawang Sragen Ini Dulu Pernah Jaya

APRIL merealisasikan investasi senilai Rp33,4 triliun untuk menggenjot produksi kertas kemasan. Perusahaan memperkirakan kapasitas produksi dari fasilitas tersebut bisa mencapai 1,2 juta ton kertas kemasan lipat yang bersifat mudah terurai (biodegradable) dan mudah didaur ulang (recyclable).

Direktur Utama PT Riau Andalan Pulp and Paper, unit usaha APRIL Group, Sihol Aritonang, mengatakan investasi yang tengah dilakukan perusahaan merupakan kucuran modal terbesar sejak awal berdiri. Investasi itu diharapkan dapat memberikan efek berganda. Salah satunya membuka luas lapangan pekerjaan.

Baca Juga: Ini 9 Proyek Investasi RI di Arab Saudi dari Dana Umat 

“Selama periode konstruksi sampai 2023 nanti, proyek ini bisa mempekerjakan hingga 4.000 orang dan nanti setelah rampung konstruksinya mulai triwulan III/2023. Kami perkirakan 800 hingga 1.000 orang bisa mendapatkan lapangan pekerjaan di pabrik kemasan berkelanjutan ini,” kata dia.

Berita ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul: APRIL Group Investasi Rp33 Triliun, Ini Respons Menperin Agus Gumiwang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya