SOLOPOS.COM - Ilustrasi garis polisi (Sunaryo Haryo Bayu/JIBI/SOLOPOS)

Solopos.com, JAKARTA — Direktorat Jendral Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM membenarkan warga negara asing (WNA) Nigeria, Kingsley Chukwuebuka, 35, meninggal di Rumah Detensi Imigrasi (Rudenim) Jakarta, tepatnya Kalideres, Jakarta Barat pada Selasa (9/11/2021).

Kabag Humas dan Umum Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM, Arya Pradhana Anggakara, menuturkan kronologi sebelum Kingsley meninggal. Kejadian bermula ketika terjadi keributan di dalam rudenim antara WNA dengan petugas penjaga dan kepolisian.

Promosi Kredit BRI Tembus Rp1.308,65 Triliun, Mayoritas untuk UMKM

Baca Juga : Rumah Pembantaian BKR di Magelang Ini Terancam Hilang Gegara Utang

“Kingsley meninggal dunia diduga karena serangan jantung dan kelelahan,” kata Angga, seperti dilansir Liputan6.com di Jakarta, Kamis (11/11/2021).

Keributan terjadi karena penghuni rumah detensi menolak akan dipindahkan ke sel lain. Kondisi Kingsley lemas setelah kericuhan selesai dan tahanan dipindahkan ke sel lain. “Petugas menemukan detensi atas nama Kingsley Chukwuebuka sudah terlihat lemas dan tampak kelelahan. Lalu dibawa ke rumah sakit terdekat,” tutur Angga.

Baca Juga : Soto Bangkong Legend di Semarang Berawal dari Pikulan Hlo

Kingsley dibawa ke Rumah Sakit Mitra Keluarga Kalideres. Namun, Kingsley sudah dinyatakan meninggal sebelum sampai rumah sakit. Dokter sempat melakukan upaya penyelamatan di rumah sakit, tetapi gagal.

Angga menyampaikan telah memindahkan beberapa penghuni sel yang terlibat kericuhan ke tempat lain. Langkah itu guna menjaga kondisi Rudenim tetap aman. “Kami pindahkan mereka ke ruang Detensi Ditjen lmigrasi. Selanjutnya disebar ke ruang detensi Kantor lmigrasi Jakarta Barat, Kantor lmigrasi Jakarta Timur, Kantor lmigrasi Jakarta Selatan, dan Kantor lmigrasi Jakarta Pusat,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya