SOLOPOS.COM - Dokumentasi Komandan Korem 162/WB, Brigadir Jenderal TNI Ahmad Rizal Ramdhani (kanan). (Antara-dok.Korem 162/WB)

Solopos.com, LOMBOK — World Superbike (WorldSBK) di Sirkuit Mandalika, Lombok akan digelar pada 19-21 November 2021, untuk pengamanan kejuaraan tersebut TNI bakal ikut menurunkan anggotanya.

Bahkan tak tanggung-tanggung, TNI akan mengerahkan sebanyak 5.000 personel untuk mengamankan perhelatan World Superbike tersebut.

Promosi Mudah dan Praktis, Nasabah Bisa Bayar Zakat dan Sedekah Lewat BRImo

“Personel yang turun dalam pengamanan nanti ada dari TNI AD, TNI AL, dan TNI AU,” kata Komandan Korem 162/Wira Bhakti, Brigadir Jenderal TNI Ahmad Rizal Ramdhani, di Mataram, Rabu (6/10/2021).

Ahmad Rizal mengatakan akan menyiapkan 3.000 personelnya dari Korem 162/Wira Bhakti. “Sisanya ada perbantuan dari Kodam IX/Udayana dan Mabes TNI,” ujarnya seperti dikutip dari Antaranews.com.

Baca juga: Ada Bahaya Likuifaksi di Sirkuit Mandalika, Ini Solusi Pengelola

Terkait pengamanan WorldSBK di Mandalika, kata dia, TNI tetap membangun koordinasi dengan Polda NTB sebagai bagian dari penguatan sistem pengamanan. “Koordinasi ini sebagai bentuk komitmen bersama agar event kelas dunia ini berjalan dengan sukses,” ucap dia.

Karena apabila event olahraga ini berjalan sukses, tambahnya, tentu akan memberikan dampak positif. Yaknipeningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat, khususnya di tengah pandemi Covid-19.

Karena itu dia berharap agar masyarakat memberikan dukungan penuh terhadap jalannya perhelatan kelas dunia ini. Yakni dengan ikut serta dalam menjaga kondusifitas keamanan.

Baca juga: Pelaksanaan Pemilu 2024 Batal Lagi Ditetapkan, Jadi Tanggal Berapa?

Sementara Komandan Pangkalan TNI AL Mataram, Kolonel Pelaut Suratun, telah berkomitmen menyukseskan WorldSBK di Mandalika dari segi pengamanan laut. “Nanti akan ada kapal yang mampu melakukan pengamanan di kawasan laut wilayah selatan Pulau Lombok,” ujar Suratun.

Mereka juga akan membantu pengamanan di pintu pelabuhan, khususnya yang ada di Pulau Lombok. “Seperti di Pelabuhan Lembar dan Pelabuhan Kayangan di Lombok. Nanti pengamanannya kita koordinasikan dengan pemangku kepentingan terkait,” ucapnya.

Dalam pengamanan itu mereka akan turut memantau dan mengawasi aktivitas kapal pesiar dan angkutan barang. “Segala aktivitas di pelabuhan akan kita awasi,” kata dia.

Baca juga: Mumtaz Rais Sumbang Ponpes Gus Miftah Pakai Pesan Pemilu 2024

Begitu juga dengan yang disampaikan Komandan Pangkalan TNI AU Zainuddin Abdul Madjid, Kolonel Perbang Khariun Aslam. Sesuai dengan perannya, TNI AU akan melakukan pengamanan ketat di kawasan bandara. Saat berlangsungnya event internasional WorldSBK di Mandalika.

“Pengamanan bandara kita berkoordinasi dengan pihak bandara dan stakeholder lainnya,” ucap Khariun.

Pengamanan aktivitas di helipad KEK Mandalika serta persiapan sistem kesenjataan juga demikian. Segala kebutuhan pengamanan akan tetap berada dalam koordinasi terpusat.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya