SOLOPOS.COM - Ilustrasi berkendara malam hari. (Freepik)

Solopos.com, SOLO — Korlantas Polri melarang pengguna sepeda motor mengenakan sandal jepit saat berkendara. Pertimbangan utamanya adalah keselamatan berkendara. Lantas pakaian dan aksesori apa saja yang sesuai standar keamanan berkendara motor?

Kepala Korlantas Polri Irjen Pol Firman Santyabudi menyatakan pengendara sepeda motor dilarang memakai sandal jepit saat berkendara. Firman menambahkan pihaknya berharap aturan tersebut menumbuhkan kesadaran masyarakat terkait keselamatan berkendara.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sandal jepit tidak memberikan perlindungan pada kaki secara maksimal saat berkendara. Kulit kaki akan bersentuhan langsung dengan aspal yang menyebabkan lecet.

Berikut ini daftar pakaian dan aksesori yang sesuai dengan standar keselamatan berkendara.

Helm Berstandar SNI

Helm merupakan perlengkapan yang wajib disediakan oleh setiap pengendara sepeda motor. Ada juga jenis helm yang biasa digunakan yaitu full face dan open face.

Baca Juga: Naik Motor Dilarang Pakai Sandal Jepit, Pakai Celana Pendek Juga Dilarang?

Helm full face adalah helm yang melindungi seluruh bagian kepala mulai dari bagian depan sampai dengan bagian kepala. Dilihat bentuknya, helm ini memang dibuat lebih safety.

Dari segi tampilan helm ini sangat cocok untuk para pengendara sepeda motor jarak jauh karena sangat aman dan juga cukup nyaman dipakai di perjalanan jarak jauh.

Kemudian helm open face merupakan helm yang umumnya digunakan oleh kebanyakan pengendara sepeda motor. Helm ini adalah helm open face yang multifungsi, cocok digunakan dalam perjalanan jarak jauh maupun jarak dekat.

Dari segi tampilan, helm ini juga tidak full face dan tidak terlalu berat. Untuk itu helm ini lebih banyak digunakan oleh pengendara sepeda motor. Namun, yang wajib dipastikan saat memilih helm adalah berstandar SNI karena sesuai standar keamanan berkendara.

Jaket

Jaket merupakan pakaian wajib yang digunakan oleh para pengendara kendaraan bermotor. Jaket bisa melindungi kita dari berbagai gangguan saat berkendara seperti angin, kerikil, debu, panas terik dan lain – lain. Ada baiknya jika memakai jaket yang lumayan tebal, seperti jaket kulit.

Baca Juga: Astra Motor Jateng Ajarkan #Cari_Aman dan Keselamatan Berkendara

Sepatu

Sepatu juga salah satu pakaian standar untuk keamanan berkendara. Dengan menggunakan sepatu kita menjadi lebih aman. Jika memang melakukan perjalanan jauh, Anda juga bisa menggunakan sepatu yang safety atau tebal.

Inilah mengapa kemudian Korlantas Polri melarang pengguna motor memakai sandal jepit karena tidak sesuai dengan standar keamanan berkendara motor.

Celana Panjang

Digunakan untuk melindungi kaki kita dari berbagai ganggunan, apalagi yang ingin melakukan perjalanan jarak jauh perlu diperhatikan.

Baca Juga: 9.714 Pengendara Kena Tilang di Sukoharjo, Salahnya Apa?

Celana panjang tentu akan memberikan perlindungan lebih bila dibandingkan dengan celana pendek khususnya bila terjadi kecelakaan. Bila menggunakan celana panjang, kulit tidak akan langsung bergesekan dengan aspal.

Itulah daftar pakaian yang menjadi standar keselamatan berkendaraa motor.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya