SOLOPOS.COM - Ikan cupang curian yang dijual di Facebook, Jumat (12/3/2021). (Istimewa/dokumen polisi)

Solopos.com, SOLO -- Pencuri ikan cupang yang beraksi di Solo, Jumat (12/3/2021), menggondol sekaligus 12 ekor ikan cupang.

Dari 12 ikan tersebut, ada satu ikan cupang yang berharga Rp700.000 per ekor, yakni jenis red coper gold. Total kerugian yang nyaris diderita pemilik ikan yang dicuri mencapai Rp4,9 juta.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Diberitakan sebelumnya, pencuri ikan cupang di Solo bernasib apes. Bukannya menikmati hasil penjualan ikan secara online di media sosial Facebook, pelaku bernama Muhammad Galih Prasetyo, 22, ini malah ketahuan.

Baca juga: Pencuri Gondol 12 Ikan Cupang di Solo, Ketahuan Gegara Dijual di Facebook

Galih mencuri 12 ekor ikan cupang dari rumah Norma Dwi Primandiri, 22, di Kelurahan Banjarsari, Kecamatan Banjarsari, Solo, Jumat.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Solopos.com dari kepolisian, aksi pencurian ikan cupang ini disadari pemilik pada Jumat pagi saat dirinya bangun tidur.

Norma lalu sengaja memantau grup jual beli ikan cupang Soloraya di Facebook. Mungkin karena ingin segera mendapat uang dari ikan curiannya, pada Jumat siang pelaku mem-posting dagangan ikan cupang di Facebook.

Baca juga: Nekat Jual Ciu di Solo, Wanita Asal Kalioso Dikukut Polisi

Jenis Ikan yang Dicuri

Ikan itu persis seperti milik korban. Menyadari hal tersebut, korban pura-pura tertarik membeli dan mengajak pelaku bertransaksi. Mereka sepakat transaksi dilakukan di rumah pelaku di Kelurahan Joglo.

Ada 12 ikan yang dicuri pencuri ikan cupang di Solo ini. Ikan cupang termahal adalah ikan cupang red coper gold seharga Rp700.000 per ekor.

Ada pula sepasang ikan cupang yellow galaxy dengan nilai Rp1,1 juta. Selanjutnya, pencuri ikan cupang di Solo yang akhirnya gagal ini juga mengambil beberapa ikan cupang seharga Rp500.000. Ikan dengan harga setengah juta rupiah itu antara lain jenis redkoy galaxy dan ikan cupang multy yellow base.

Baca juga: Oven Kayu di Trucuk Klaten Ludes Terbakar Gara-Gara Overheat

Pencuri juga mengambil ikan dengan harga sekitar Rp450.000 yakni jenis multy gold dan coper nemo. Berikutnya, ikan cupang dengan harga berkisar Rp200.000 hingga Rp350.000 ikut digondol warga Banjarsari tersebut.

Ikan-ikan dimaksud antara lain ikan cupang multy masking, super red, yellow, mustard gas, dan multy colour.

Dalam rilisnya, Kapolsek Banjarsari Solo, Kompol Djoko Satrio Utomo, mewakili Kapolresta Solo, Kombes Pol. Ade Safri Simanjuntak, menjelaskan korban lantas mengecek ikan tersebut dan ternyata benar ikan cupang milik korban yang hilang.

Pelaku pun sudah mengakui dia yang mengambil ikan cupang tersebut. “Setelah dicek benar selanjutnya korban menelpon ke Polsek Banjarsari dan petugas patroli datang, kemudian pelaku dan barang bukti ikan cupang di bawa Ke Polsek Banjarsari dan diproses,” urai dia, Sabtu (13/3/2021).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya