SOLOPOS.COM - Pekerja Garuda Maintenance Facility (GMF) melakukan pengecekan mesin di Pesawat Garuda Indonesia yang akan digunakan untuk armada haji 1443 H/2022 di Hanggar GMF Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (2/6/2022). (Antara/Muhammad Iqbal)

Solopos.com, JAKARTA–Musim haji 1443 H/2022 M, Garuda Indonesia mengoperasikan 7 pesawat, baik Boeing dan Airbus, untuk mengangkut jemaah haji 1443 H/2022 M kloter I menuju Madinah, Sabtu (4/6/2022).

Garuda Indonesia mengoperasikan 7 pesawat wide body yang terdiri atas 4 pesawat B777-300ER, 1 pesawat A330-300, dan 2 pesawat A330-900neo.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pengangkutan jemaah sendiri akan dibagi menjadi dua fase, yaitu fase keberangkatan yang akan berlangsung pada 4 Juni-3 Juli 2022 dan fase kepulangan yang akan berlangsung pada 16 Juli–14 Agustus 2022.

Penerbangan perdana jemaah haji tahun ini, Garuda Indonesia mengangkut 1.506 jemaah dari tiga kota, yaitu Jakarta, Solo, dan Padang.

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra menyampaikan dengan dipercayanya kembali Garuda Indonesia sebagai maskapai penerbangan haji menjadi suatu kehormatan.

Baca Juga: Imbas Musim Haji, PT Garuda Indonesia (GIAA) Raih Cuan

“Dipercaya untuk kembali melayani penerbangan haji di tengah masa adaptasi kebiasaan baru ini tentunya menjadi kehormatan dan bagian dari manifestasi kami sebagai national flag carrier untuk senantiasa berada di garda terdepan dalam memastikan perjalanan ibadah para jemaah dapat terlaksanakan dengan lancar melalui kehadiran layanan penerbangan yang aman dan nyaman,” papar Irfan dikutip dalam keterangan resmi Garuda Indonesia, Sabtu (4/6/2022).

Pada tahun ini, Garuda Indonesia akan melayani sebanyak 47.915 jemaah haji yang terbagi ke dalam 128 kloter dan akan diberangkatkan dari 9 embarkasi, yaitu Banda Aceh, Medan, Padang, Jakarta, Solo, Banjarmasin, Balikpapan, Makassar, dan Lombok.

Irfan juga menyampaikan komitmen maskapainya untuk memberikan penerbangan yang aman dan nyaman bagi para jemaah haji.

“Garuda Indonesia melalui berbagai upaya persiapan operasional yang terus diperkuat senantiasa berkomitmen untuk menghadirkan penerbangan haji yang aman dan nyaman bagi para jemaah, terlebih mengingat perjalanan haji tahun ini merupakan perjalanan yang telah dinantikan selama lebih dari 2 tahun lamanya,” ujar Irfan.

Dia mengatakan sebagai upaya untuk memberikan nilai tambah layanan bagi para jemaah, Garuda Indonesia menghadirkan berbagai pilihan hiburan In-flight Entertainment bernuansa islami selama penerbangan, baik pada saat keberangkatan maupun pada waktu kepulangan.

Baca Juga: Garuda Indonesia Ajukan Lagi Perpanjangan PKPU 30 Hari, Kenapa?

Tak hanya itu, para jemaah juga akan mendapatkan inflight catering sesuai menu khas daerah embarkasi.

“Kami akan terus memantau kesiapan operasional penerbangan haji tahun ini melalui koordinasi intensif dengan berbagai pemangku kepentingan otoritas terkait, demi memastikan seluruh rangkaian penerbangan haji tahun ini dapat berjalan lancar, tepat waktu, dan tentunya mampu memberikan kenyamanan kepada seluruh jemaah,” kata Irfan.

Irfan turut meminta dan mengimbau jemaah haji untuk tetap menerapkan protokol kesehatan meski kasus Covid-19 telah menurun.

“Kami turut mengimbau para jemaah untuk senantiasa menerapkan protokol kesehatan secara konsisten untuk memastikan seluruh jemaah dalam keadaan sehat hingga tiba kembali di Tanah Air,” jelas Irfan.

Berita telah tayang di Bisnis.com berjudul Garuda Indonesia Mengoperasikan 7 Pesawat Angkut Jemaah Haji 2022

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya