SOLOPOS.COM - Bus pariwisata yang menabrak tebing Bukit Bego di Jalan Imogiri Mangunan, Bantul, Minggu (6/2/2022). - Harian Jogja/Ujang Hasanudin

Solopos.com, BANTUL — Polisi merilis identitas 13 korban meninggal dalam kecelakaan maut bus wisata di Bukit Bego, Desa Wukirsari, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul, Minggu (6/2/2022).

Sebanyak 12 korban meninggal berasal dari Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah dan satu korban meninggal berasal dari Kota Solo, Jawa Tengah. Selain itu, 34 orang lainnya mengalami luka-luka.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kapolres Bantul, AKBP Ihsan, menyebut kecelakaan maut yang menimpa bus wisata berpelat nomor AD 1507 EH di Bukit Bego, Imogiri itu diduga karena rem blong. Ia juga menyebut bahwa bus sempat tidak kuat menanjak di Mangunan.

Baca Juga : Bus Pengangkut Karyawan Kecelakaan di Bantul, 4 Meninggal Dunia

Menurut Ihsan penumpang bus sempat turun saat berada di tanjakan Mangunan. Penumpang naik kembali setelah bus kuat menanjak. Kemudian, bus tersebut mengalami kecelakaan saat melaju di jalanan menurun.

Bus wisata yang terlibat kecelakaan maut di Imogiri itu melaju dari arah Mangunan menuju Imogiri. Bus mengangkut rombongan wisatawan dari Sukoharjo, Jawa Tengah. Mereka berencana piknik ke Pantai Parangtritis.

Namun, di Jalan Imogiri-Mangunan, Dusun Kedungbuweng, Desa Wukirsari, Kecamatan Imogiri, bus oleng. Tiba-tiba bus tidak terkendali saat melaju di jalanan menurun. Bus oleng ke kanan dan masuk ke jalur berlawanan.

Baca Juga : Korban Tewas Bus Wisata Karyawan Garmen Sukoharjo Menjadi 13 Orang

Kapolres menyebut ada kendaraan lain melaju pelan di depan bus yang mengalami kecelakaan tersebut. “Bus oleng kemudian menabrak tebing [Bukit Bego],” tutur Ihsan, Minggu (6/2/2022) malam.

Kapolres menjelaskan rombongan pekerja di salah satu perusahaan konveksi Sukoharjo, Jawa Tengah itu menumpang dua bus. Bus pertama sudah melaju lebih dulu sedangkan bus kedua mengalami kecelakaan.

Dua rombongan bus tersebut mengikuti acara family gathering perusahaan ke tiga lokasi wisata, yakni Tebing Breksi Sleman, Puncak Becici Dlingo Bantul, dan Pantai Parangtritis Bantul.

Baca Juga : 5 Tahun Lalu, Kecelakaan Bus Wisata di Imogiri Juga Terjadi Hari Minggu

Kapolres mengatakan ada 47 penumpang dalam bus yang mengalami kecelakaan maut di Imogiri itu. “Ada yang meninggal di lokasi kejadian, ada yang meninggal dalam perjalanan ke rumah sakit, dan ada yang meninggal di rumah sakit,” ujar Ihsan.

Sopir bus, Feriyanto, 35, asal Kota Solo meninggal dalam kecelakaan maut tersebut. Korban luka akibat kecelakaan bus wisata mendapatkan perawatan di tiga rumah sakit, yakni Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Panembahan Senopati Bantul, RS PKU Muhammadiyah Bantul, dan RS Nur Hidayah Bantul.

“Berdasarkan keterangan saksi-saksi, sopir sempat memainkan persneling. Kemungkinan bus mengalami rem blong,” ungkap dia.

Baca Juga : Begini Kesaksian Korban Selamat dari Kecelakaan Bus Wisata di Imogiri

Berikut data korban meninggal dalam kecelakaan maut di Imogiri, tepatnya Bukit Bego Bantul diolah dari berbagai sumber:

1. Pariyono Kasiyem, Perempuan, 75, Dukuh Kedungrejo, RT 001, Desa Mranggen, Kecamatan Polokarto, Kabupaten Sukoharjo.
2. Sella, Perempuan, 20, Dukuh Sayangan, Desa Wonorejo, Kecamatan Polokarto, Kabupaten Sukoharjo.
3. Veriyanto, Laki-laki, 35, Sekip Kampung Kadipiro, Kecamatan Banjarsari, Kota Solo.
4. Revan, Laki-laki, Dukuh Kedungrejo, RT 001 Desa Mranggen, Kecamatan Polokarto, Kabupaten Sukoharjo.
5. Sularmin, Laki-laki, Dukuh Ngledok.
6. Puji, Perempuan, Jetis Bancakan, Wonorejo, Polokarto, Sukoharjo.
7. Sri Wahyudi, Laki-laki, 55, Dukuh Kedunggandu RT 004 Desa Mranggen, Kecamatan Polokarto, Kabupaten Sukoharjo.
8. Iswanti, Perempuan, Dukuh Kedungrejo, RT 001, Desa Mranggen, Kecamatan Polokarto, Kabupaten Sukoharjo.
9. Sumarno, Laki-laki, Dukuh Kedungrejo RT 001 Desa Mranggen, Kecamatan Polokarto, Kabupaten Sukoharjo.
10. Alviana, Perempuan, 13, Dukuh Kedunggandu, RT 004 Desa Mranggen Kecamatan Polokarto, Kabupaten Sukoharjo.
11. Sugiyono Noto Diharjo, Laki-laki, 59, Dukuh Kedungrejo RT 001 Desa Mranggen Kecamatan Polokarto, Kabupaten Sukoharjo.
12. Sarsimi, Perempuan, Desa Mranggen Kecamatan Polokarto, Kabupaten Sukoharjo.
13. Pariyem, Perempuan, Desa Mranggen Kecamatan Polokarto, Kabupaten Sukoharjo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya