[ X ] CLOSE

Ini Hlo WMC250EV, Motor Listrik Kecepatan Tinggi Siap Pecahkan Rekor Dunia

WMC250EV, motor listrik ini dilengkapi dengan tiga teknologi sistem yang mencakup sistem drag ultra-rendah WMC yang disebut dengan V-air.
Ini Hlo WMC250EV, Motor Listrik Kecepatan Tinggi Siap Pecahkan Rekor Dunia

Solopos.com, SOLO – Perusahaan mesin asal Inggris, White Motorcycle Concept telah meluncurkan motor listrik terbaru yang menggabungkan konsep aerodinamis revolusioner.

Dijuluki WMC250EV, motor listrik ini dilengkapi dengan tiga teknologi sistem yang mencakup sistem drag ultra-rendah WMC yang disebut dengan V-air. Dalam tes terowongan angin di MIRA, V-Air mampu mengurangi ketahanan aerodinamis WMC250EV sebanyak 70 persen dibandingkan dengan sepeda jalan berkinerja tinggi yang memimpin pasar.

Saluran tersebut dikatakan untuk meningkatkan beban aksial di bagian depan sepeda motor yang memungkinkan WMC250EV menggunakan unit motor D-Drive yang menggerakkan roda depan, membuatnya mungkin digunakan untuk regeneratif energi pengereman.

Baca Juga: Hanya Ada Tiga Unit di Dunia, Lamborghini Miura SVJ Siap Jadi Rebutan

Terakhir, motor ini mengusung sistem final drive F-Drive yang dipasang untuk meningkatkan tenaga dan meningkatkan efisiensi, sebuah teknologi yang dapat dipasang untuk meningkatkan kecepatan sepeda motor di jalan raya.

Melansir theengineer.co.uk, Sabtu (17/7/2021), prototipe motor listrik ini diklaim mampu meningkatkan kecepatan lebih dari setara 400 km/jam. Percobaan pada motor listrik Semi Streamliner British Record direncanakan akan dilakukan akhir tahun ini. Kemudian fokus akan dialihkan ke Salt Flat Salar de Uyuni di Bolivia, pihak White akan mencoba mencetak rekor baru untuk Rekor Dunia Electric Semi Streamliner pada Juli 2022.

“Jika Anda ingin menunjukkan kepada seluruh dunia bahwa Anda baru saja menemukan konsep aerodinamis baru yang berarti Anda dapat melaju lebih cepat dengan tenaga tertentu, hal terbaik yang harus dilakukan adalah melaju secepat mungkin,” kata White dalam sebuah pernyataan.

“Itulah mengapa kami menciptakan demonstran berkecepatan tinggi WMC250EV, versi paling radikal dari konsep ini, untuk menantang rekor dunia kecepatan di darat. Ini adalah listrik, karena itu adalah sumber daya nol emisi unggulan saat ini, tetapi karena konsep aerodinamis memberikan manfaat efisiensi, itu bisa dengan mudah menjadi hidrogen atau sumber daya masa depan lainnya, ” tambah White.

Baca Juga: Bikin Kaget, Segini Harga Vespa di Zaman Dulu

Efisiensi Energi Kendaraan

Sepeda motor listrik WMC250EV (designboom.com)
Sepeda motor listrik WMC250EV (designboom.com)

Perusahaan percaya bahwa implikasi konsep yang lebih luas akan dapat memiliki dampak terhadap efisiensi energi kendaraan dan pengurangan emisi CO2.

“Meskipun teknologi ini memungkinkan Anda melaju lebih cepat, teknologi ini juga memungkinkan Anda melangkah lebih jauh dengan jumlah energi yang sama. Ini memiliki manfaat langsung dan nyata pada pengurangan CO2,” kata White. “Ide-ide yang mengganggu pasar seperti ini jarang terjadi, dan jika berhasil, berpotensi merevolusi industri.”

WMC juga sedang mengerjakan aplikasi dunia nyata untuk inovasi dalam bentuk skuter hibrida tiga roda 300cc – WMC300FR – yang mencakup teknologi V-Air sehingga dapat mengurangi hambatan hingga 25 persen.

Baca Juga: Lexus Keluarkan Edisi Khusus dengan Desain Visual Unik

Perusahaan mengklaim bahwa ini setara dengan peningkatan 18 persen dalam efisiensi bahan bakar dari peningkatan aerodinamis. Perusahaan lebih lanjut juga mengklaim bahwa ketika digabungkan dengan sistem hibrida kecil, kinerjanya akan mendekati level 500cc, tetapi dengan emisi CO2 50 persen lebih sedikit.

“Apa yang berhasil kami lakukan adalah menciptakan sesuatu untuk sektor pasar dunia di mana orang dapat menggunakan kendaraan ini di kota yang penduduknya paling terpengaruh oleh keluaran dan polusi CO2 – dan kami telah berhasil mengurangi CO2 hingga 50 persen melalui aerodinamis dan hibridisasi,” jelas pernyataan White.

Konsep WMC telah diberikan hak paten oleh Inggris dengan Eropa, Amerika Serikat dan Jepang diharapkan pada akhir Agustus.

Promo & Events
Berita Terkait
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago