SOLOPOS.COM - Ilustrasi orang batuk. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO-Varian Omicron sedang merebak, sebaiknya ketahui perubahan gejala dari hari ke hari saat terinfeksi varian baru ini. Pada umumnya, ketika terinfeksi varian baru ini akan mengalami batuk, kelelahan, hidung tersumbat, pilek, dan nyeri tubuh.

Gejala varian ini berbeda dibandingkan varian SARS-CoV-2 lainnya. Komplikasi yang terkait dengan infeksi virus corona dapat berlanjut selama berbulan-bulan bahkan setelah pulih.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Jika gejala Omicron berbeda dibandingkan varian lainnya, bagaimana perkembangannya dari hari ke hari? Apakah sama ataukah ada perbedaan? Simak ulasannya di info sehat kali ini.

Konsultan Pulmonologist dan Bronchoscopist Rumah Sakit Masina, Dr Sonam Solanki,  mencantumkan gejala Omicron yang harus diwaspadai. “Gejala-gejala Omicron umumnya dimulai dengan sakit badan, kelemahan umum, kelelahan, sakit kepala dan demam di hari-hari awal dan akhirnya mereka mungkin juga mengembangkan batuk yang kadang-kadang kering disertai pilek di mana ada air dari hidung, bersin, dan lain-lain,” paparnya seperti dikutip dari Mint dan dilansir Bisnis.com pada Rabu (2/3/2022).

Baca Juga: Jadi Tempat Awal Munculnya Covid-19, Wuhan Kini Diserang Omicron

Gejala Omicron berupa batuk kering, menurut dia, akan sembuh dalam beberapa hari ke depan. Sebagian besar waktu, yaitu 80% pasien, demam sembuh dalam 3 hari pertama dan jika tidak, itu menjadi tanda infeksi sedang hingga berat yang memerlukan pemantauan ketat.

Dia menambahkan, mengisolasi pada waktu yang tepat dan mencegah penyebaran infeksi dari diri Anda ke anggota keluarga Anda yang lain adalah kuncinya. Itulah sebabnya mengapa menggunakan antigen cepat adalah kuncinya dan jika antigen cepat negatif dan Anda masih menunjukkan gejala, RTPCR akan memastikan bahwa Anda tidak melewatkan kasus covid omicron dan Anda memastikan bahwa Anda tidak akan menyebarkannya ke lebih banyak orang. Bahkan jika Anda harus keluar, tetaplah menggunakan masker dengan benar.

Ketika Anda memiliki gejala dan Anda harus keluar karena alasan apa pun Anda harus menggunakan masker N95, saran dokter. Menurut analisis CDC AS, lima gejala paling umum dari varian Omicron adalah batuk, kelelahan, hidung tersumbat, pilek, dan sakit tubuh umum. Baru-baru ini, studi aplikasi Zoe Covid-19 yang berbasis di Inggris menambahkan gejala baru seperti mual dan kehilangan nafsu makan.

Baca Juga: Kapan Puncak Kematian Varian Omicron? Ini Kata Menteri Kesehatan

Konsultan Senior Pulmonologi dan Perawatan Kritis di Rumah Sakit Global, Parel, Mumbai, Dr Harish Chafle,  mengatakan gejala diklasifikasikan menjadi gejala yang paling umum, gejala yang kurang umum dan gejala yang serius.  Gejala Omicron yang paling umum adalah sebagai berikut demam, batuk, kelelahan, kehilangan rasa atau bau.

Gejala Omicron yang kurang umum berupa sakit tenggorokan, sakit kepala, nyeri, diare, ruam pada kulit, perubahan warna pada jari tangan atau kaki, mata merah atau iritasi. Gejala serius Omicron Kesulitan bernapas atau sesak napas, kehilangan bicara atau mobilitas, atau kebingungan atau nyeri dada. Salah satu tanda varian Omicron Covid-19 adalah badan pegal-pegal dan keringat malam bisa jadi merupakan gejala varian Omicron baru yang mungkin timbul di malam hari.

Baca Juga: Diare Salah Satu Gejala Omicron

Rasa sakit di tubuh adalah tanda infeksi, tambah Dr Harish Chafle. Menurut Direktur Penyakit Dalam Rumah Sakit Wockhard, Behram Pardiwala,  terlepas dari tiga gejala utama, gejala yang tidak biasa pada gelombang ini adalah gerakan longgar dan kram perut. “Pada gelombang ke-3, ada 3 gejala utama. Sakit kepala parah. Nyeri tubuh yang parah dikaitkan dengan sakit punggung yang parah. Dan pilek yang parah dengan hidung meler dan sakit tenggorokan. Gejala yang tidak biasa pada gelombang ini adalah gerakan kendor dan kram perut,” ujarnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya