SOLOPOS.COM - Peluncuran MuslimPreneur by MES (Masyarakat Ekonomi Syariah) di Patra Jasa Office Tower, Jakarta Selatan, pada Rabu (3/2/2022). (Istimewa)

Solopos.com, JAKARTA – Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) meluncurkan MuslimPreneur by MES di Patra Jasa Office Tower, Jakarta Selatan, pada Rabu (3/2/2022). MuslimPreneur by MES merupakan komunitas pemuda sebagai bagian dari program Talenta Wirausaha BSI.

Selain kewirausahaan, MuslimPreneur by MES juga hadir untuk mendorong terciptanya lapangan kerja, khususnya bagi para pemuda. Badan Pusat Statistik (BPS) pada 2020 mencatat tingkat pengangguran terbuka mencapai 15,23%. Hal ini berarti, lebih dari 9 juta pemuda di Indonesia masih menganggur.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Hal ini yang kemudian menjadi latar belakang MES untuk membentuk MuslimPreneur sebagai ikhtiar untuk mendorong para pemuda Indonesia menjadi pemimpin di sektor ekonomi, baik itu melalui jalur wirausaha maupun profesional.

Baca juga: RI dan Selandia Baru Sepakat Meningkatkan Nilai Perdagangan Dua Arah

Acara peluncuran dikemas dalam gala dinner dan sesi diskusi yang mengundang 30 OKP dari berbagai kalangan. Dihadiri Sekretaris Jenderal PP MES yang juga Komisaris Independen Pertamina, Iggi Achsien; Bendahara Umum PP MES sekaligus Direktur Utama BSI, Hery Gunardi. Ketua Komite Pemuda PP MES sekaligus Komisaris Independen BSI Arief Rosyid Hasan. Serta Ketua Komite Investasi PP MES yang juga Staf Khusus Menteri Investasi Republik Indonesia M. Pradana Indraputra.

Sekretaris Jenderal PP MES Iggi Achsien berharap MuslimPreneur by MES hadir sebagai wadah yang memfasilitasi teman-teman muda dalam ikhtiar pengembangan usaha lokal di seluruh Indonesia.

“Bicara soal pemberdayaan wirausaha dalam lingkup ekonomi dan keuangan syariah, kita jangan berhenti hanya di webinar atau seminar saja. Harus ada program konkrit yang benar-benar mendukung pemuda-pemudi muslim berdaya dan naik kelas secara ekonomi,” kata Iggi.

Baca juga: Masyarakat Ekonomi Syariah Dukung Kawasan Kuliner Halal Kauman Solo

Wirausaha MuslimPreneur

Bendahara Umum PP MES Hery Gunardi yang sebelumnya turut meluncurkan Talenta Wirausaha BSI, dengan antusias menyambut teman-teman organisasi kepemudaan yang hadir pada acara ini.

“Sebagai negara dengan populasi muslim terbesar di dunia, sudah seharusnya Indonesia leading dalam hal ekonomi dan keuangan syariah. BSI siap membantu teman-teman muda dalam hal pembiayaan usaha, melalui program Talenta Wirausaha BSI maupun di luar program itu. Silahkan ke cabang terdekat untuk mencari tahu informasi lebih lanjut,” ujar Hery.

Hery juga menekankan bahwa Talenta Wirausaha BSI dan MuslimPreneur by MES harus berkelanjutan agar dapat membantu batch selanjutnya, bukan sekedar program lepas saja.

Baca juga: Pemuda MES Dukung Pengembangan Muslimpreneur dari Masjid dan Pesantren

Ketua Komite Pemuda PP MES Arief Rosyid Hasan sangat memahami situasi di lapangan dan kebutuhan teman-teman muda. Selama ini mereka sudah banyak memiliki mentor politik dan mentor di berbagai bidang lain.

“Namun belum ada mentor ekonomi yang benar-benar mendampingi dan mendukung. Hadirnya MuslimPreneur by MES hari ini menegaskan komitmen MES yang bekerja sama dengan BSI untuk mendukung teman-teman sebagai wirausaha muda,” kata Arief.

Kehadiran MuslimPreneur by MES dan Talenta Wirausaha BSI akan saling melengkapi satu sama lain dalam mendorong lahirnya wirausaha Muslim muda Tanah Air yang siap berkompetisi di tingkat global.

Badan Pengurus Harian MES berisi tokoh-tokoh nasional, Ketua Umum, H. Erick Thohir, Wakil Ketua, Umum Teten Masduki, M. Lutfi dan Bahlil Lahadalia. Ketua Dewan Pembina, KH Ma’ruf Amin, Ketua Dewan Pakar Perry Warjiyo dan Ketua Dewan Penyantun M. Arsjad Rasjid.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya