SOLOPOS.COM - Ilustrasi pernikahan terbuka. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO-Pasangan artis Hollywood Will Smith dan Jada Pinkett Smith mengaku menjalani hubungan pernikahan terbuka atau open marriage/open relationship, mari ketahui fakta tentang hubungan nonmonogami ini.  Simak ulasannya di tips asmara kali ini.

Pada September 2021, Will Smith mengungkapkan dia dan Jada berada dalam hubungan terbuka. Will mengkonfirmasi bahwa mereka berdua memiliki teman kencan, setelah Jada secara terbuka membahas “keterjeratannya” dengan rapper August Alsina pada2020.

Promosi BRI Sambut Baik Keputusan OJK Hentikan Restrukturisasi Kredit Covid-19

Dalam wawancara Will dengan GQ tahun lalu, dia mengungkapkan istrinya tidak pernah percaya pada pernikahan konvensional karena asuhan di lingkungan keluarganya. “Jada memiliki anggota keluarga yang memiliki hubungan yang tidak biasa … jadi dia tumbuh dengan cara yang sangat berbeda dari bagaimana saya tumbuh dewasa,” ujarnya seperti dikutip dari thesun.co.uk pada Rabu (30/3/2022).

Fakta pertama terkait pernikahan terbuka (open marriage) adalah hubungan dengan orang ketiga hanya sebatas hubungan seksual, tidak melibatkan emosi.  Dalam buku A Happy Life in an Open Relationship, karangan Susan Wenzel, menyebutkan open relationship hanya untuk mengeksplorasi hubungan seksual saja dan tidak melibatkan emosi atau perasaan sama sekali.  Sebagian orang yang menjalani status ini sangat menghindari terciptanya hubungan romantis dengan pasangan seksualnya. Pasangan yang menjalani konsep open relationship hanya memprioritaskan hubungan utama mereka saja.

Baca Juga:  Will Smith dan Jada Pinkett Jalani Pernikahan Terbuka?

Fakta berikutnya terkait pernikahan terbuka benarkah hal ini bisa menyelamatkan pernikahan yang buruk?

Penulis buku Opening Up: A Guide to Creating and Sustaining Open Relationships, Tristan Taormino, mengungkapkan hubungan yang berlandaskan pernikahan terbuka (open marriage) bisa saja sehat, tapi tidak bisa menyelamatkan pernikahan. Sebab dengan membuka pernikahan untuk kehadiran orang lain saja itu sudah pasti masalah yang bakal memunculkan masalah lain yang jauh lebih besar. Sebagaimana diketahui Jada Pinkett memiliki hubungan asmara dengan August Alsina pada 2017 saat hubungan pernikahaannya dengan Will Smith berada dalam masa sulit.

Jika kamu atau pasangan ingin mencoba pernikahan terbuka seperti ini, sebaiknya komunikasikan dengan baik. Perlu dipahami juga, menjalani open marriage harus memiliki pengertian yang sangat besar. Komunikasi dengan pasangan pun harus dari hati ke hati agar saling memahami konsep ini sebelum menjalaninya.

Bila melihat dari konsepnya saja sudah terlihat jelas bahwa open marriage atau open relationship hanya mencari kepuasan seksual semata. Bukan berarti dengan pasangan sah tidak terpuaskan. Tapi lebih didasarkan kebutuhan masing-masing baik suami atau istri. Sebab dalam sebuah pernikahan, pastinya kebutuhan seks antar istri dan suami pasti berbeda. Misalnya aseksual, high libido, atau low libido.

Baca Juga: Jada Pinkett Akui Pernah Selingkuh dengan Rapper August Alsina

Nah, karena itu apabila ingin menjalani open marriage harus dibuat batasan yang jelas. Tekankan pada safer sex dan sexual health. Nggak mau juga, kan, satu saat kamu atau pasangan terkena penyakit kelamin atau sebagainya, hanya karena hubungan seks yang nggak aman dengan orang lain?

Fakta berikutnya terkait pernikahan terbuka adalah biasanya pasangan yang menganut open marriage akan membuat aturan sendiri yang cocok untuk mereka berdua. Misalnya, nggak boleh cemburuan, dilarang mengatur, nggak boleh cek handphone pasangan, bahkan melarang membandingkan pasangan resmi dengan pasangan seksualnya itu.

Agar nggak terjadi hubungan romantis dengan partner seksnya, biasanya ada aturan yang membatasi kencan dan berhubungan seks dengan orang yang sama tidak boleh lebih dari sekali.

Baca Juga: Mengenal August Alsina, Sosok Selingkuhan Jada Pinkett

Melihat dari dua sisi, pernikahan terbuka pastinya memiliki kelebihan dan kekurangan. Keuntungan menjalani hubungan seperti ini hanya bisa dirasakan oleh mereka yang memiliki pernikahan atau hubungan utama yang sehat dan kuat. Dengan menjalani open marriage, secara nggak langsung akan meningkatkan kualitas seks dan komunikasi antar suami dan istri.

Jika melihat dari kerugiannya, ada beberapa yang perlu kamu ketahui seperti kemungkinan tertular penyakit kelamin, ada perasaan bersalah, dan juga kemungkinan timbul rasa cemburu yang imbasnya membuat pasangan akan jadi nggak percaya diri. Nah, melihat dari konsep tersebut sudah jelas kalau status open marriage atau open relationship sangat berbeda dengan selingkuh. Sebab, dalam konsep open marriage kedua belah pihak mengetahui dan setuju adanya hubungan di luar pernikahan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya