SOLOPOS.COM - Sega gablok, kuliner khas Tawangmangu, Karanganyar. (Instagram/@kulinersoloraya_)

Solopos.com, KARANGANYAR – Sudah punya rencana liburan akhir pekan ini? Kalau belum ada, Anda bisa mencoba ke Tawangmangu dan berwisata kuliner di sana.

Pasalnya, kawasan pariwisata di Kabupaten Karanganyar ini selain punya pemandangan alam yang aduhai, ragam kulinernya pun tak kalah menggoda.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Berbagai macam hidangan bisa Anda coba saat berlibur ke Tawangmangu. Mulai dari sate, manisan, hingga camilan.

Berikut ini daftar kuliner khas Tawangmangu yang dirangkum Solopos.com dari berbagai sumber:

1. Sega Tumpang

Sega tumpang menjadi salah satu kuliner khas Tawangmangu. Menu ini terdiri atas nasi putih yang dicampur dengan sayur urap yakni campuran kecambah, sayur bayam, kacang panjang, dan sebagainya yang direbus.

Bahan-bahan tersebut kemudian disiram dengan kuah tumpang berwarna coklat dengan tekstur agak encer.

Sega tumpang memiliki cita rasa yang pedas dan gurih di lidah dengan porsi yang cukup besar.

Baca Juga: Bidik Wisatawan Timur Tengah, Kuliner di Tawangmangu Baru Harus Halal

2. Sego Gablok

Ketika berkunjung ke Pasar Tawangmangu, jangan lupa untuk mencoba sega gablok. Sega gablok adalah nasi uduk yang dimasak kembali dengan cara dikukus dan dibungkus menggunakan daun pisang.

Ukuran bungkusnya kecil-kecil dan memiliki cita rasa yang gurih karena ada dimasak pakai santan. Selain itu sega gablok memiliki aroma harum yang khas karena dikukus pakai daun pisang.

3. Sate Kelinci

Sate kelinci merupakan salah satu kuliner yang cukup terkenal di Tawangmangu. Umumnya, kuliner ini dijajakan di sepanjang jalan sekitaran objek wisata Air Terjun Grojogan Sewu.

Satu porsinya terdiri dari 10 tusuk sate yang dilengkapi dengan lontong dan sambal kacang. Sate kelinci memiliki cita rasa yang hampir mirip dengan sate ayam, tetapi daging sate kelinci sedikit lebih lembut dan gurih.

Baca Juga: Resto di Tawangmangu Dilarang Ngepruk Harga, Teh Manis Cukup Rp3.000

4. Sop Buntut

Memiliki cuaca yang dingin dan sejuk lantaran berada di kawasan dataran tinggi, Tawangmangu juga masih banyak terdapat area perkebunan dan persawahan dengan pohon-pohon besar.

Salah satu kuliner yang patut dicoba di tengah cuaca dingin dan sejuk Tawangmangu tersebut ialah sop buntut. Daging iga yang lembut dan kuah sop yang hangat menciptakan cita rasa gurih di lidah.

Salah satu warung yang menyediakan kuliner khas ini adalah Sop Buntut Bu Ugi yang terletak di Jl. Raya Tawangmangu, Kramat, Kalisoro, Kecamatan Tawangmangu.

5. Molen

Molen hampir ada warung gorengan di semua daerah. Namun molen yang dijual di Tawangmangu memiliki Kekhasan tersendiri.

Ukuran  molen khas Tawangmangu ini lebih kecil dibanding dengan molen pada umumnya. Selain itu memiliki varian rasa yang beragam mulai tergantung isiannya mulai dari ubi ungu, keju, coklat, kacang hijau, pisang, dan lain-lain.

Penjual juga menyediakan gula halus jika pembeli menyukai rasa manis. Jajanan khas ini dijual di sekitar pasar Tawangmangu, sehingga tidak begitu sulit untuk mencarinya.

Baca Juga: Jalan Tembus Tawangmangu-Sarangan Disulap Jadi Tempat Wisata Kuliner

6. Jadah, Wajik, Sagon

Jadah, wajik, dan sagon merupakan jajanan khas Jawa yang bisa ditemukan di pasar Tawangmangu dan dibawa sebagai oleh-oleh dan harganya terjangkau.

7. Carang Mas atau Grubi

Menjadi salah satu cemilan khas Tawangmangu yang cukup disukai ketika berkunjung di pasar Tawangmangu.

Carang mas atau grubi adalah jajanan tradisional berbahan dasar berupa ubi yang diparut memanjang kecil-kecil seukuran korek api, kemudian digoreng dan dimasukkan ke dalam gula Jawa.

Setelahnya, dibentuk bulat-bulat kecil dan memiliki cita rasa yang manis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya