top ear
Iqbal Firmansyah, 21, pemuda asal Bantul pembuat animatronik karakter dan kostum dinosaurus, Sabtu (13/2/2021). (detik.com)
  • SOLOPOS.COM
    Iqbal Firmansyah, 21, pemuda asal Bantul pembuat animatronik karakter dan kostum dinosaurus, Sabtu (13/2/2021). (detik.com)

Ini Dia Pemuda Pembuat Dinosaurus di Mojosemi yang Viral, Ternyata Segini Harganya

Seorang pemudian berusia 21 tahun asal Bantul, DIY, sukses membuat kostum dinosaurus yang bisa bergerak.
Diterbitkan Sabtu, 13/02/2021 - 21:15 WIB
oleh Solopos.com/
3 menit baca

Solopos.com, BANTUL -- Kreatif! Kata itu pas untuk menggambarkan sosok Iqbal Firmansyah, 21. Pemuda asal Pedukuhan Petet, Kalurahan Potorono, Kapenawon Banguntapan, Bantul, itu membuat kostum animatronik dinosaurus. Dari kreativitasnya, pemuda ini bisa meraup pendapatan hingga ratusan juta rupiah.

Iqbal mengaku mendapat inspirasi membuat kostum dinosaurus saat berjalan-jalan ke mal. Di sana ia melihat dinosaurus yang bergerak. "Tapi kok tidak boleh dipegang," kata Iqbal saat ditemui di rumah produksi kostum Dinosaurus di Pedukuhan Petet, Sabtu (13/2/2021).

Hal itu membuat pria lulusan SMK jurusan Teknik Kendaraan Ringan ini mencoba membuat replika dinosaurus di rumahnya pada tahun 2018. Hingga akhirnya dia mampu membuat dinosaurus yang berjalan dan menarik gerobak.

Baca juga: Inspiratif! Begini Cara Istimewa Seniman Solo Merespons Pandemi

"Karena banyak yang tertarik dan ada pesanan kostum, akhirnya saya mulai membuat membuat kostum dan animatronik karakter dinosaurus lainnya yang dipelajari dari film Jurassic Park," ucapnya.

"Jadi kostum Dinosaurus ini bisa berjalan, bersuara, bergerak, sehingga menyerupai aslinya. Untuk navigasinya pakai setang [yang terpasang di dalam kostum dinosaurus]," lanjut Iqbal.

Kostum dinosaurus buatan pemuda Bantul. (detik.com)

Melihat Lewat Monitor

Kostum dinosaurus yang dapat berjalan keliling kampung itu digerakkan dengan dua orang dari dalam. Sedangkan untuk penglihatan, dia melengkapinya dengan monitor yang terhubung pada kamera depan dan belakang.

"Di dalamnya kita kasih kipas angin dan blower agar yang di dalam itu tidak sumuk (gerah)," ucapnya.

Selain kostum dinosaurus, Iqbal juga membuat karakter hewan prasejarah lainnya seperti tyrannosaurus rex, abelisaurus, velociraptor, spinosaurus, majungasaurus, ankylosaurus, coelophysis, allosaurus hingga dilophosaurus.

Baca juga: Penyanyi Solo Mirai Naziel dari Idol Junior ke The Voice Kids Indonesia, Makin Memukau!

Menyoal teknis pembuatan, awalnya Iqbal mengaku bersama ayah dan delapan karyawannya membuat rangka besi. Selanjutnya melengkapi rangka itu dengan mekanisme gerakan.

Kostum dinosaurus buatan pemuda Bantul. (detik.com)

"Setelah gerakan sudah bagus, maka tahap selanjutnya membungkus kerangka tersebut dengan kulit," ucapnya.

Untuk kulit penutup, kata Iqbal, terbuat dari bisa yang dicampur latek, lalu dibalut dengan kain agar busa tidak mudah sobek. Menurutnya, balutan kain tersebut kemudian dibalut silikon lalu tahap akhir pengecatan.

"Butuh waktu 2-3 minggu untuk menghasilkan satu unit kostum atau animatronik dinosaurus. Sebulan bisa 2-3 unit," ujarnya.

Baca juga: Bikin Bangga, Flyover Purwosari Solo Dibangun Pakai Teknologi Karya Anak Bangsa

"Kenapa? Karena yang susah itu bagaimana membentuk mekanisme supaya tidak merusak anatomi binatang. Terkadang gerakan bisa tapi bentuk tidak proporsional," lanjut Iqbal.

Oleh sebab itu, dia membuat kostum dan animatronik tersebut sesuai pesanan. Dia mengungkapkan, bahwa total kostum hewan jaman prasejarah tersebut yang sudah dibuat sekitar 100 unit.

"Sistemnya saya buat setelah ada pesanan, jadi made by order. Untuk harga kostum dan animatronik mulai dari Rp5 juta sampai Rp 100 juta, karena tergantung karakter hewan dan kesulitannya juga," kata Iqbal.

Pesanan

Kendati demikian, kostum dan animatronik dinosaurus karya Iqbal diminati banyak tempat wisata alam. Bahkan, anak pertama dari tiga bersaudara ini sudah mampu menjual kostum dan animatronik dinosaurus hingga luar DIY.

Baca juga: Ikhtiar Petani Banyuaeng Klaten Lepas dari Ketergantungan Pupuk Kimia Ini Patut Dicontoh

"Kalau yang sudah pesan di kami itu ada dari Taman Mini Indonesia Indah Jakarta, Jember, Blitar, Magetan, Rembang, Taman Pintar Yogya dan Purbalingga," ucapnya.

Iqbal mengaku sangat bersyukur dengan terus mengalirnya pesanan dari berbagai daerah. Pasalnya, hal itu mampu mendongkrak roda perekonomian di tengah pandemi COVID-19. "Ke depannya mudah-mudahan (penjualannya) bisa sampai ke seluruh Indonesia bahkan luar negeri," ucapnya.

"Karena sempat kosong dari Februari sampai Agustus [2020], dan baru mulai lagi September sampai sekarang. Ini baru mengerjakan 5 unit lagi," imbuh Iqbal.

Salah satu pengunjung, Purwantoro, 30, warga Kapanewon Pleret, Bantul, mengatakan bahwa dia sengaja datang ke workshop Iqbal karena penasaran dengan kostum dinosaurus yang viral di medsos. Selain itu sekaligus mengedukasi anak-anaknya.

Baca juga: 7 Wisata Imlek di Indonesia

"Lihat Instagram di daerah Mojosemi (Jawa Timur) kan ada dinosaurus yang turun dari truk, rencana ke sana dan lihat di media ternyata membuatnya di Potorono. Untuk edukasi adik dan saudara kalau bentuk dinosaurus seperti ini," ucap Purwantoro.


Editor : Profile Kaled Hasby Ashshidiqy
LIKE di sini untuk lebih banyak informasi terbaru di Solopos.com

berita terpopuler

Iklan Baris

berita terkini


Cek Berita Lainnya