SOLOPOS.COM - Pemain Persis Solo, Abduh Lestaluhu (kanan, 96), berusaha melewati pemain Bali United, I Made Andhika Pradana Wijaya, pada laga pekan ke-10 Liga 1 di Stadion Manahan, Solo, Kamis (15/9/2022). (Solopos.com/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO – Abduh Lestaluhu menjadi pemain paling konsisten dari seluruh penggawa Persis Solo versi komunitas Pagar Hijau Manahan. Hingga pekan ke-11, Abduh Lestaluluh selalu mendapat tempat di skuad Persis Solo dan  lengkap sebagai seorang yang bermain di posisi bek kiri.

Abduh Lestaluhu juga dinilai sebagai pemain yang paling rajin membantu serangan dan baik dalam bertahan. Abduh didatangkan ke Kota Bengawan saat Persis Solo memiliki target untuk naik kasta tahun 2021 yang lalu. Kota Solo bukan tempat yang asing baginya.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Pemain kelahiran Tulehu, 16 Oktober 1993 ini pernah merasakan atmosfer Stadion Manahan periode 2011-2012. Abduh datang selepas berguru bersama SAD Uruguay.

Tahun 2007, Abduh memulai karier bersama SSB Tunas Gamalama. Di sana bakatnya mulai terasah dengan baik. Ia sempat bergabung dengan skuad Maluku Utara di Piala Medco U-15. Meski kala itu tak berhasil membawa timnya hingga partai final, namun penampilan apik membuatnya terpantau oleh beberapa pelatih.

Coach Subangkit yang kala itu menukangi Timnas U-16 memberi Abduh kesempatan untuk mengisi posisi bek kiri pada ajang Piala Asia 2007 di Uzbekistan. Setelahnya, ia sempat menjalani masa belajar bersama Diklat Ragunan sebelum dipinang oleh SAD Uruguay.

Persis Solo bisa dibilang sebagai klub profesional pertama yang ia bela sebelum melanjutkan karier bersama Persija Jakarta medio 2013 hingga 2016. Mentas dari Persija Jakarta, Abduh melanjutkan masa bakti bersama PS TNI yang saat ini Persikabo 1973.

Baca Juga: Bursa Pelatih Persis Solo: Paulo Gomes Rontok, Giliran Benjamin Mora Mengemuka

Salah satu momen yang mungkin juga tak dilupakan bagi Abduh tatkala ia membela timnas di ajang Piala AFF 2016. Jiwa muda dan emosi yang mungkin masih meledak kala itu meninggalkan insiden yang berujung kartu merah padanya. Sebuah tendangan bola ke arah bangku cadangan Thailand menjadi penyebabnya. Abduh merasa dipermainkan oleh pemain cadangan Thailand yang mengulur-ulur waktu di menit akhir laga.

Juara Liga 1

Insiden kontra Thailand tentu menjadi pelajaran berharga bagi Abduh. Pasca didatangkan dari PS TNI ke Persis Solo, pembawaannya tampak lebih tenang. Abduh yang dulu bukanlah yang sekarang.

Abduh tampil dengan ketenangannya. Menjaga sektor kiri pertahanan Persis Solo, ia bahkan tak tergantikan sepanjang musim Liga 2 2021. Tangis haru terpotret mentes dari matanya tatkala Laskar Sambernyawa berhasil memastikan diri promosi dan juara.

Baca Juga: Tangisan Pemain dan Pelatih Arema Pecah saat Tabur Bunga di Kanjuruhan Malang

Mungkin baginya pembelajaran masa lalu membuatnya membaik dan berkembang hari ini. Ia bersama Eky Taufik bahkan menjadi dua nama yang berhasil menggandengkan gelar juara Liga 1 dan Liga 2 di tahun yang sama. Ini terjadi karena pasca merengkuh titel juara Liga 2 bersama Persis Solo mereka berdua dipinjamkan ke Bali United yang di akhir musim menjadi kampiun Liga 1.

Penampilan yang ia tunjukkan sepanjang Liga 2 2021 kemarin mengunci pos bek kiri Persis Solo di musim berikutnya. Abduh, lagi-lagi, belum tergantikan saat Persis Solo mengarungi kompetisi Liga 1 hingga pekan ini.

Baca Juga: Seribuan Suporter di Klaten Gelar Doa Bersama untuk Korban Tragedi Kanjuruhan

“Transformasi pada diri Abduh membawanya pada titik hidup yang lebih baik. Ia tampil konsisten di posisi terbaiknya. Ketenangannya hari ini tak menampakkan emosi yang menggebu kala usia muda dulu. Emosi-emosi itu tergerus dengan penampilan yang disiplin,” kata Aditomo kepada Solopos.com, Senin (3/10/2022).

Konsistensi yang Abduh tunjukkan membuatnya memiliki tempat tersendiri di kalangan penggemar Persis Solo. Jika ia mampu terus tampil konsisten, bukan tak mungkin Abduh akan tetap menjadi pilar penting Persis Solo hingga beberapa tahun ke depan. Bahkan hingga kelak ia memutuskan gantung sepatu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya