SOLOPOS.COM - Lukisan abad ke-14 karya Sandro Botticelli berjudul Young Man Holding a Roundel dihargai selangit. (detik.com/reuters)

Solopos.com, NEW YORK -- Susah memberi patokan harga pada sebuah karya seni. Terutama lukisan. Maka jangan kaget kalau ada lukisan yang harganya mencapai miliaran rupiah. Meski termasuk sangat mahal, tapi harga segitu masih terbilang "biasa".

Bandingkan dengan lukisan yang satu ini yang harganya mencapai Rp1,2 triliun. Wadidaaw!

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Lukisan itu sebuah potret Young Man Holding a Roundel karya Sandro Botticelli. Lukisan dari abad ke-14 itu telah terjual seharga 67 juta poundsterling atau setara Rp1,2 triliun dalam sebuah pelelangan. Harga itu menjadi rekor baru untuk karya seni pelukis renaisans asal Italia tersebut.

Baca Juga: Viral Jenazah Covid-19 Tertukar, Keluarga Tak Terima Lalu Pukul Petugas Pemakaman Hingga Pingsan

Lukisan seorang remaja sebuah piringan itu diyakini dibuat pada tahun 1470-an atau 1480-an. Karya lukis tersebut dianggap sebagai salah satu potret terbaik Botticelli. Lukisan dilelang di rumah lelang karya seni, Sotheby di New York.

Dikutip dari BBC, Jumat (29/1/2021), penjualan karya Botticelli itu dapat membantu menaikkan harga lukisan lain seperti pada saat banyak kolektor seni mengejar karya-karya baru dari seniman pasca-perang dan kontemporer.

Wakil Presiden Senior Sotheby, Christopher Apostle, menggambarkan Young Man Holding a Roundel sebagai mahakarya menjelang pelelangan.

Baca Juga: Trauma Saat Kecil, Pria Ini Tidak Minum Air 20 Tahun

"Gambar ini melambangkan dan mencontohkan Renaisans di Florence. Kami belum pernah melihat yang seperti itu seumur hidup saya," katanya.

Dongkrak Harga Lukisan

Lukisan Young Man Holding a Roundel memperlihatkan seorang pria di akhir masa remajanya dengan rambut emas panjang duduk memegang cakram bundar yang menampilkan seorang suci berjanggut dengan tangan kanan terangkat.

Sotheby memajang lukisan itu di seluruh dunia untuk meningkatkan permintaan para kolektor dan calon penawar sebelum pelelangan. Lukisan itu ipamerkan di Los Angeles, London, dan Dubai dan disertai dengan katalog dengan esai ilmiah dan analisis teknis.

Baca Juga: Nyaris Diamuk Massa! ASN Selingkuh dan Mesum Dalam Mobil di Parkiran Pasar

Pelelangan disiarkan langsung dari New York dan berlangsung kurang dari lima menit dengan hanya dua pesaing untuk lukisan itu. Harga jual menjadikan karya itu sebagai salah satu potret paling signifikan yang pernah dijual di pelelangan.

Rekor sebelumnya untuk Botticelli, pada 2013 ketika lukisan Madonna and Child dengan Young Saint John the Baptist dijual seharga 7,6 juta poundsterling.

Seperti lelang lukisan berharga selangit yang sudah-sudah, kali ini pun identitas pemenang lelang tidak dipublikasikan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya