Tutup
Scroll untuk melanjutkan membaca

Ini Dia Lokasi Alun-alun Lama di Kudus, Dekat Makam Sunan Kudus

Berikut alamat lengkap lokasi Alun-alun lama di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah (Jateng), yang kini telah berubah menjadi taman.
SHARE
Ini Dia Lokasi Alun-alun Lama di Kudus, Dekat Makam Sunan Kudus
SOLOPOS.COM - Potret Alun-alun Kudus pada tahun 1955. (kuduskab.go.id)

Solopos.com, KUDUS — Pemerintah Kabupaten Kudus berencana melakukan revitalisasi Alun-alun lama di Kudus pada akhir tahun 2022 ini. Lokasi Alun-alun lama di Kudus saat ini menjadi Taman Menara Kudus, dan letaknya berdekatan dengan kompleks Menara dan Makam Sunan Kudus.

Rencana revitalisasi Alun-alun lama di Kudus disampaikan Bupati Kudus, H.M. Hartopo, seusai mengikuti sidang paripurna, Kamis (11/8/2022). Ia bahkan menyebut anggaran yang dibutuhkan untuk melakukan revitalisasi alun-alun itu mencapai Rp800 juta.

PromosiNimo Highland, Wisata Hits di Bandung yang Mirip Santorini Yunani

“Kami anggarkan di perubahan [APBD] ini. Ada Rp800 juta kalau tidak salah,” ujar Hartopo, dikutip dari laman Murianews.com.

Alun-alun lama di Kudus sebenarnya memiliki sejarah panjang terhadap keberadaan Kabupaten Kudus. Lokasi alun-alun lama di Kudus ini berdekatan dengan makam Sunan Kudus, tepatnya di Jalan Sunan Kudus, Pejaten, Langgardalem, Kecamatan Kota Kudus.

Kendati demikian, Alun-alun lama Kudus ini saat ini telah berubah menjadi Taman Menara Kudus. Pembangunan Taman Menara Kudus di alun-alun lama itu dilakukan Pemkab Kudus pada tahun 2015 lalu.

Baca juga: Alun-Alun Lama Kudus bakal Direvitalisasi, Segini Anggarannya

Lokasi Alun-alun lama Kudus yang saat ini menjadi Taman Menara Kudus ini diperkuat dengan adanya sebuah pohon beringin di tempat itu. Pohon beringin tersebut merupakan ciri dari keberadaan alun-alun di Jawa. Saat ini, Alun-alun lama Kudus ini digunakan untuk area parkir mobil dan pangkalan ojek untuk para peziarah makam Sunan Kudus.

Meski demikian, Pemkab Kudus ingin mengembalikan lagi fungsi alun-alun lama di Kudus itu, yang lokasi saat ini menjadi Taman Menara Kudus. Tempat ini nantinya akan menjadi pusat beragam kegiatan masyarakat Kudus, terutama dalam hal seni dan budaya.

“Akan kami upayakan untuk bisa terealisasi, sehingga pelaku seni punya wadah untuk menunjukkan kreativitasnya,” ujar Bupati Kudus.



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
      Promo & Events
      Berita Terkini
      Indeks Berita
      Part of Solopos.com
      Punya akun? Silahkan login
      Daftar sekarang...
      Support - FaQ
      Privacy Policy
      Tentang Kami
      Kontak Kami
      Night Mode